Pelantikan Pengurus Palang Merah Indonesia Provinsi Papua Barat di Manokwari

Dikukuhkan, Nataniel: PMI Papua Barat Siap Gelar Temu Karya Nasional

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Papua Barat, Nataniel D Mandacan, menyatakan, Papua Barat siap menjadi tuan rumah temu karya nasional PMI pada 2018.

“Kabupaten Raja Ampat nantinya akan melaksanakan kegiatan temu karya nasional tahun 2018, dan PMI Papua Barat kami siap melaksanakan kegiatan tersebut,” kata Nataniel usai dikukuhkan sebagai Ketua Umum PMI Papua Barat periode 2015 – 2020 oleh Sekjen PMI Indonesia di Manokwari, Selasa (15/12).

Pria yang kesehariannya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat ini juga mengatakan, siap melakukan perubahan-perubahan yang baik dalam memimpin PMI Papua Barat.

Dia berjanji perubahan akan dilakukan dengan menyusun program kerja mengacu pada persoalan dasar yang dihadapi PMI Papua Barat maupun daerah ini.

Ia menekankan bahwa Papua Barat sebagai wilayah yang rawan bencana, menuntut PMI untuk menyiapkan diri secara matang dengan melahirkan relawan yang terampil dan memadai. PMI juga akan menyiapkan peralatan yang memadai dalam tugas-tugas mereka.

Selain itu ia mengatakan akan membentuk PMI pada kabupaten-kabupaten yang belum memiliki PMI seperti Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Sorong Selatan, Teluk Wondama, Maybrat, Tambrauw dan Raja Ampat.

Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy, yang hadir dalam kegiatan itu menitipkan pesan agar PMI tetap mengutamakan nilai-nilai kemanusian dengan tulus dan ikhlas dalam bertugas.

PMI juga diminta segera menyusun program kerja untuk segera bekerja agar kehadirannya dirasakan kembali oleh warga.

“Papua Barat merupakan salah satu dari 15 Provinsi yang berstatus rawan bencana bencana Alam, bencana sosial dan bencana non teknis sehingga diperlukan kesiapsiagaan yang optimal, upaya-upaya yang terpadu dan terkoordinasi, serta peningkatan kesiapsiagaan di lapisan masyarakat,” pesan Irene.

Sekretaris Jenderal PMI Indonesia, Doktor Ritola Tasmaya meminta PMI Papua Barat melanjutkan program yang telah dirintis pengurus sebelumnya dan berusaha menyatukan persepsi agar gerak PMI Papua Barat semakin sinergis. |ADITH SETYAWAN