rekapitulasi penghitungan suara Pilkada tingkat PPD tuntas, seluruh kotak suara saat ini diamankan di kantor KPUD Manokwari.

KPU Papua Barat Tegaskan Kabupaten Wajib Pleno Sesuai Jadwal

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-– Komisi Pemilihan Umum Papua Barat menekankan kepada KPU 8 kabupaten yang menggelar Pilkada 9 Desember lalu wajib melaksanakan pleno rekapitulasi suara sesuai jadwal 18 Desember lusa.

“Tidak ada alasan, pada tanggal 18 Desember, KPU di 8 Kabupaten wajib melaksanakan rekapitulasi perolehan suara di tingkat kabupaten,” tegas Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana, Selasa kemarin.

KPU mengingatkan jajaran KPU kabupaten hingga tingkat dibawahnya tak boleh melakukan penyelewengan hasil perolehan suara para kandidat.

“Tidak boleh dalam bentuk apapun diselewengkan atau hal-hal yang merugikan kandidat lain. Prinsipnya, apa yang terjadi di TPS tidak boleh berubah atau sama hingga sampai di rekapitulasi di tingkat KPU, ” ia menekankan.

Panitia Pengawas Pemilu juga diminta untuk ikut serta mengawasi proses Pilkada pasca pemungutan suara hingga pleno rekapitulasi di KPU kabupaten.

Amus menilai pelaksanaan Pilkada tahun ini, yang digelar secara serentak di wilayah Indonesia, sudah cukup demokratis. KPU juga telah berupaya secara terbuka menyampaikan hasil pemungutan suara kepada masyarakat.

KPU bersama jajarannya, ia mengatakan, telah mempublikasikan hasil pemungutan suara di tingkat TPS melalui formulir C1 atau rekapitulasi suara ditingkat TPS ke pusat data KPU RI.

“Jadi tidak ada lagi kebohongan dalam proses ini (Pilkada). Sekali lagi, saya percaya dengan kinerja penyelenggara saya, karena proses demokrasi telah berjalan dengan baik,’’ imbuhnya. |RIZALDY