Wakil Gubernur Papua Barat dan Kapolda Papua Barat melepas kendaraan yang membawa kapsul waktu, mimpi penduduk Indonesia untuk 70 tahun kedepan, dari Bandara Rendani Manokwari, kemarin. Papua Barat menyiapkan 7 pokok mimpi yang akan dimasukkan dalam kapsul waktu tersebut.

Kapsul Waktu, Mimpi Anak Negeri untuk 70 Tahun, Tiba di Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Ekspedisi kapsul waktu yang dimulai dari daerah paling ujung nusantara yakni Sabang dan akan finish di Kabupaten Merauke Provinsi Papua, Selasa (15/12), telah sampai di Provinsi ke 33 Papua Barat.

Panitia pusat ekspedisi kapsul waktu, Parvidia Supit, mengatakan, perjalanan kapsul waktu ini dimulai dari tanggal 22 September lalu yang telah menempuh perjalanan ke tiga zona yakni Zona I Sumatera, Zona II Kalimantan, dan Zona Ke III Pulau Jawa, Bali, NTB, NTT dan Pulau Sulawesi, dan Maluku.

“Tujuannya untuk mengumpulkan semua mimpi-mimpi serta harapan masyarakat yang nanti akan dikerjakan, bukan hanya mimpi belaka saja,” jelasnya saat tiba di Manokwari, kemarin.

Dengan Semangat Ayo Kerja yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, ia mengatakan, setiap mimpi yang telah ditampung dan diterima ini, akan dikerjakan, sehingga nantinya pada 70 tahun yang akan datang mimpi serta harapan tersebut diharapkan dapat terwujud.

Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy yang juga Ketua Panitia Kapsul Waktu Daerah Papua Barat mengatakan dalam kapsul tersebut akan menampung mimpi-mimpi atau impian-impian anak bangsa baik dari Sabang sampai Merauke.

“Jadi bagaimana kita memimpikan yang akan kita tuangkan dalam selembar kertas putih sebanyak 7 Poin tentang mimpi Papua Barat di 70 tahun mendatang,” jelasnya.

“Nanti kita punya pernyataan yang dimasukan dalam kapsul waktu itu yang sebelumnya akan di bacakan oleh 2 orang siswa SD,” ujarnya.

Di Papua Barat Kapsul waktu tersebut hari ini akan diarak ke situs masuk Mansinam untuk didoakan kemudian dilanjutkan dengan sosialsasi kepada masyarakat di SMA Negeri 1 Manokwari.

Setelah itu kapsul waktu akan dibawa ke kantor gubernur Papua Barat, Arfai. Disana akan dilakukan pesta rakyat.

Selanjutnya kapsul waktu tersebut akan diterbangkan ke provinsi Papua dimana merupakan tujuan akhir dan akan dipajang di Momunem Nasional kapsul waktu di Merauke oleh Presiden Joko Widodo. Kapsul waktu tersebut akan berdiam di monumen tersebut selama 70 tahun kedepan dan dibuka pada tahun 2085. |ADITH SETYAWAN | RIZALDY