Kodim MKW

Hari Kartika, Kodim 1703/Manokwari Kumpul Prajurit Gelar Upacara

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kodim 1703 Manokwari, menggelar upacara peringatan Hari Juang Kartika 2015 di lapangan sepakbola Kodim Manokwari, Selasa (15/12). Upacara yang dipimpin Komandan Kodim 1703 Manokwari, Letkol Inf Stevanus Satrio Aribowo tersebut berlangsung khidmat.

Dalam amanatnya, Dandim mengatakan, sebagai salah satu pilar penopang tegaknya NKRI, TNI AD tidak hanya harus menjadi kekuatan yang profesional, kuat, kokoh, dan andal, tetapi juga harus selalu berperan aktif ditengah-tengah rakyat.

“Sejarah telah membuktikan bahwa kebersamaan TNI dan rakyat sebagai satu kekuatan yang sinergis, telah berhasil mengatasi berbagai ancaman, gangguan dan hambatan yang dihadapi bangsa Indonesia,” ucapnya.

Berbicara kepada wartawan setelah upacara, Stevanus mengatakan, hari bersejarah TNI tersebut menjadi pengingat kepada jajaran TNI untuk meningkatkan jati diri sebagai prajurit dan agar tetap bersama rakyat mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan berkeadilan.

Ia juga menekankan agar para prajurit TNI yang lahir dari rakyat dan harus bisa menjadi tentara profesional yang ahli dibidang keprajuritan serta mengerti tugas dan fungsinya sebagai alat pertahanan negara.

“Saya mengapresiasikan TNI kita di Manokwari yang tetap menjaga netralitasnya dalam Pilkada. Kita harap sesuatu yang baik ini bisa terjaga sampai pada pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih untuk Manokwari 5 tahun kedepan,” ujarnya.

Upacara hari Kartika selain diikuti TNI AD di lingkungan Kodim 1703, juga berasal dari jajaran TNI Angkatan Laut, resimen mahasiswa, FKPPI serta para veteran tentara yang berada di Manokwari.

Kodim 1703 Manokwari juga menggelar aksi bagi-bagi sembako kepada setiap mantan prajurut TNI setelah upacara. |ADITH SETYAWAN