Komisi Pemilihan Umum

KPU IMBAU WARGA JAGA KEAMANAN JELANG REKAPITULASI SUARA

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— KPU Papua Barat meminta elemen masyarakat di Papua Barat untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang rekapitulasi suara Pilkada tingkat kabupaten pada 18 Desember lusa.

Pemerintah daerah dan jajaran keamanan juga diminta untuk tetap aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

KPU juga menegaskan agar pasangan kandidat kepala daerah di 8 kabupaten di Papua Barat, termasuk partai pengusung dan tim pemenangan mereka ikut mendukung pelaksanaan pleno rekapitulasi suara.

“Pemikiran melakukan tindakan anarkis atau menggagalkan pleno rekapitulasi harus dihindarkan,” pesan ketua KPU Papua Barat Amus Atkana, kemarin.

Amus mengatakan berdasar pantauan KPU dan laporan warga, ada kandidat yang dilaporkan tidak mendapat suara signifikan disebut akan melayangkan mosi tidak percaya terhadap penyelenggara Pilkada.

“Kalau memang merasa tidak puas, mestinya mosi tidak percaya disampaikan pada awal persiapan Pilkada,” komentar Amus.

Berkaitan dengan itu, Amus mengajak warga agar tak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang beredar sehingga dapat menciptakan situasi yang tidak aman.

“Kalau ada kandidat yang tidak puas dengan hasil Pilkada ada prosedur yang bisa ditempuh. Tidak boleh kita melakukan langkah-langkah yang sifatnya anarkis yang dapat menimbulkan kerugian,’’ tambahnya. | RIZALDY