Komandan Distrik Militer 1703 Manokwari, Letkol Inf. Stevanus Satrio Aribowo

Dandim Imbau Paslon dan Tim Sukses Jaga Kamtibmas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Komandan Distrik Militer 1703 Manokwari, Letkol Inf. Stevanus Satrio Aribowo, mengimbau seluruh pasangan calon dan tim suksesnya serta masyarakat di Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni dan Teluk Wodama, bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Ia mengatakan antara 16-18 Desember Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) akan melaksanakan rekapitulasi perhitungan suara di wilayah masing-masing. Pleno itu akan diakhiri dengan penetapan hasil pemungutan suara dan akan dilanjutkan dengan penetapan pemenang pada beberapa hari berikutnya.

Ia berpesan, kepada semua pasangan calon yang berkompetisi pada pesta demokrasi ini, menjaga kamtibmas. Hasil pemungutan suara pilkada ini harus disikapi secara bijak, sebab, siapapun yang terpilih pada pilkada ini merupakan pilihan dari masyarakat dan Tuhan.

“Mari kita sama-sama menghormati hasil yang sudah diberikan oleh masyarakat, apabila ada ketidakpuasan atau sesuatu yang perlu diklarifikasi, maka silahkan dilaksanakan secara bermartabat sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada,” ujarnya.

Ia mengingatkan, setiap kontestasi mempunyai aturan, jika semua pihak mengikuti aturan tersebut, ia yakin, tidak akan terjadi permasalahan pada Pilkada ini.

“Jangan nanti merasakan senang yang berlebihan, tetapi bagaimana bisa merangkul semua komponen-komponen yang ada di daerahnya, untuk membangun kabupaten dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,”tuturnya.

Stevanus menambahkan, dari lima kabupaten yang menjadi wilayah kerjanya, kabupaten Teluk Bintuni dinilai paling rawan dibanding empat kabupaten lain.

Stevanus menuturkan, sebelum pilkada berlangsung, Teluk Bintuni tergolong sebagai daerah yang aman. Menurutnya, saat itu tidak ada kejadian-kejadian menonjol menyangkut dinamika pilkada.

“Namun saat pilkada, situasi politik mulai panas, kita berharap, kepada tiga calon yang bersaing harus bisa mengikuti proses yang sedang berjalan dengan baik,”jelasnya.

Ia berpesan setiap pasangan calon dan tim suksesnya dapat memberi pemahaman kepada pendukung masing-masing agar dapat mejaga situasi kamtibmas hingga KPUD menetapkan kepala daerah terpilih pada pilkada ini.“Supaya bintuni kedepan adalah bintuni yang sangat maju,”lanjutnya.

Menurutnya setiap warga harus bisa memberi kepercayaannya kepada penyelenggara pemilu di daerah tersebut, jika terdapat kecurangan maka hendaklah masyarakat melaporkannya ke instansi terkait.

Sementara kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, dan Teluk Wondama, sejauh ini, dinalai cukup kondusif. |ADITH SETYAWAN | EDITOR : TOYIBAN