Dana Desa. Ilustrasi

Kampung Dihara Sudah Terima Dana Desa Tahap Pertama

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—- Kampung Dihara, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, telah menerima dana desa tahap pertama. Dana sebesar Rp 100 juta itu, diterima pada bulan Oktober 2015 lalu.

Berbagai kegiatan juga telah dilakukan dengan difokuskan pada bidang peningkatan ekonomi kerakyatan, kualitas pendidkan dan layanan kesehatan masyarakat. “ Dana Rp 100 juta sudah digunakan untuk kegiatan non fisik,khususnya bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat,” kata Kepala Kampung Dihara, Demianus Aska, belum lama ini.

Demianus memaparkan bagi mahasiswa dan siswa SMA dan SMP di kampungnya, diberikan bantuan biaya pendidikan. Sisanya buat pengadaan pakaian seragam sekolah bagi anak-anak kurang mampu.

Di sektor ekonomi kerakyatan, lanjut dia, kelompok tani, peternak babi dan pengrajin anyaman noken, diberikan bantuan modal usaha. “Saya beli anak babi sebanyak 28 ekor. Satu ekor harganya 1 juta, jadi total alokasi untuk beli babi semuanya 28 juta. Untuk usaha tani saya kasih Rp 20 Juta buat empat kelompok yang masing – masing kelompok terima Rp 5 Juta,” rincinya.

“Buat pengrajin noken dan kalung manik – manik, saya kasih bantuan 500 ribu per orang per kelompok. Total Rp 5 juta saya bagikan merata. Lainnya ada tambahan modal bagi yang buka usaha kios,” imbuhnya.

Demianus berharap pencairan dana desa tahap kedua pada Desember 2015 segera direalisasikan sehingga dana itu dapat dimanfaatkan untuk pembangunan di kampung tersebut.

“Kita ada program fisik berupa pembangunan gorong – gorong di kampung. Jadi kalau dana desa tahap kedua cair, dananya disalurkan kesitu,” ujarnya seraya menambahkan pengerjaan gorong – gorong akan dilakukan warga Kampung Dihara secara gotong royong.| RIZALDY