Kendaraan Taktis Militer membawa masyarakat Kota Sorong. Hari Juang Kartika, Korem 171PVT Gelar Pameran Alutsista selama tiga hari.

Hari Juang Kartika, Korem 171/PVT Gelar Pameran Alutsista

SORONG, CAHAYAPAPUA.com—- Korps Regu Militer (Korem) 171/PVT, besrta jajaran Garnizun Sorong menyelenggarakan pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang dilaksanakan selama tiga hari sejak dibuka pada hari Minggu tanggal 13 Desmber 2015 sampai dengan hari ini tanggal 16 Desember 2015, bertempat di lapangan Hocky Kampung Baru, Sorong – Papua Barat.

Pameran tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Juang Kartika. Selain mengenang kembali peristiwa bersejarah tentang kebersamaan nyata TNI Angkatan Darat dengan rakyat pada tanggal 15 Desember 1945, di Kota Ambarawa, Jawa Tengah.

Mengutip press realese yang diterima Media ini, saat itu para pejuang pendahulu TNI-AD saling bahu membahu bersama rakyat mempertahankan setiap jengkal tanah dari ancaman musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi.

Ketika itu, pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dibawah Pimpinan Kolonel Soedirman, sebagai Komandan Divisi V Banyumas, berjuang bersama-sama rakyat untuk mengusir Tentara Sekutu keluar dari Ambarawa.

Dengan persenjataan sederhana dan sarana seadanya, namun disertai semangat juang yang tinggi, keuletan, keberanian, sikap rela berkorban dan pantang menyerah, akhirnya mampu menghadapi pertempuran sengit itu, dengan hasil yang gemilang.

Selanjutnya, sebagai salah satu pilar penopang bagi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI AD tidak hanya harus menjadi kekuatan yang profesional, kuat, kokoh, dan handal, tetapi juga harus selalu manunggal dengan rakyat.

Sejarah telah membuktikan bahwa kebersamaan TNI dan rakyat sebagai satu kekuatan yang sinergis, telah berhasil mengatasi berbagai ancaman, gangguan dan hambatan yang dihadapi bangsa Indonesia. Diyakini negara Indonesia akan tetap berdiri dengan kokoh, bila rakyat menyatu dengan TNI, serta seluruh komponen bangsa bersatu padu dan bersinergi membangun bangsa.

Oleh karena itu, dengan digelarnya pameran Alutsista tersebut, diharapkan dapat menggugah masyarakat kota Sorong untuk merenungkan bahwa secanggih apapun persenjataan yang dimiliki oleh TNI, jika tidak didukung dengan kebersamaan, kemanunggalan dan sinergisitas TNI dan Rakyat, maka semuanya tidak ada artinya.