Komisioner KPU Manokwari

Saksi Keberatan, KPU Nyatakan Hasil Pleno Sah

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Ketua KPU Kabupaten Manokwari Albert Burwos, mengklaim, hasil pleno rekapitulasi suara Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Manokwari tahun 2015, di kantor KPU Manokwari, Kamis (17/12) telah sah.

Burwos mengklaim, hasil pleno yang telah sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 10 tentang Rekapitulasi Suara itu juga tanpa keberatan dari seluruh saksi pasangan calon.

“Pada tanggal 22 Desember kami akan mengumumkan hasil rekapitulasi dan penetapan pasangan calon,” ujar Burwos kepada wartawan, mengenai tahapan selanjutnya yang akan ditempuh KPU sesuai jadwal.

Komisioner KPU Manokwari Abdul Muin Salewe menambahkan jika nantinya terdapat pasangan calon yang hendak membawa hasil tersebut ke Mahkamah Konstitusi, maka waktu yang dimiliki ialah selama 3X24 jam atau 3 hari sejak penetapan dilakukan pada pukul 17.40 kemarin.

Dirinya menegaskan, pleno rekapitulasi bukan memilih salah satu pasangan calon yang akan duduk di kursi nomor satu di Kabupaten Manokwari, namun untuk merekap perhitungan yang dilakukan di TPS dan PPD.

“Jadi tidak ada yang terbanyak jadi Bupati, atau yang sedikit tidak jadi bupati. Kita cuma merekap data dari TPS, sehingga calon terpilih itu belum ada, karena kita masih menunggu proses sesuai dengan tahapan,” jelas Muin.

Sementara itu dalam pantauan lapangan, sebelum hasil pada pleno rekapitulasi ditetapkan, saksi ketiga pasangan calon mengajukan keberatan terhadap hasil perhitungan suara yang dipaparkan KPU.

Saksi yang keberatan berasal dari pasangan calon Bernard Sefnat Boneftar dan Andarias Wam (BW), Seprianus Adolof Rumfabe dan Salomie Christina Saway (SAR – SCS) dan Bastian Salabai dan Yusak Kambuaya (BAYU).

Para saksi menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi dan menyatakan akan melakukan koordinasi lebih dulu dengan para kandidat masing-masing.

Menyikapi hal ini, Panwaslu Manokwari meminta KPU Manokwari menyiapkan format keberatan dari tiga saksi tersebut agar format tersebut diisi oleh para saksi yang keberatan.

Dalam perhitungan suara kemarin, pasangan Paulus Demas Mandacan – Edy Budoyo memperoleh 42.865 disusul pasangan BW 28.973, BAYU 23.778 dan Seprianus Rumfabe dan Christin Saway 1.702 suara. |ADITH SETYAWAN