partisipasi pemilih

Partisipasi Pemilih di Pilkada Manokwari 78 Persen

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manokwari menyatakan tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Manokwari 2015 mencapai 78 persen atau telah melewati standar yang ditetapkan KPU RI.

Ketua KPU Manokwari Albert Burwos mengatakan jumlah pemilih yang menyalurkan hak pilih mereka dalam Pilkada Manokwari 9 Desember lalu mencapai 98.846 dari jumlah pemilih yang tercatat 125.921 jiwa.

Jumlah yang berpartisipasi dalam Pilkada itu menurut Burwos mencapai 78 persen atau terdapat selisih 6 persen dari standar KPU RI yakni minimal 72 persen.

“Pilkada Manokwari bisa dikatakan sebagai Pilkada yang sukses dengan jumlah partisipasi sebanyak itu,” klaim Burwos ketika berbicara kepada wartawan usai pelaksanaan perhitungan suara Pilkada Manokwari, kemarin.

Sementara Sekretaris KPU Manokwari Rustam Effendi mengakui meskipun partisipasi pemilih dalam Pilkada Manokwari tahun 2015 mencapai 78 persen, namun jika dibandingkan dengan Pileg dan Pilpres 2014, angka tersebut sangat jauh. Dalam Pileg dan Pilres Rustam mengatakan tingkat partisipasi pemilih mencapai 90 persen.

Burwos mengatakan angka partisipasi pemilih Pilkada Manokwari yang telah melampaui standar KPU RI merupakan bukti bahwa jajaran PPD cukup aktif untuk mengajak warga menggunakan hak pilih mereka. |ADITH SETYAWAN