Sutioso-Kepala BIN

Tiba di Manokwari, Kepala BIN Sebut Pemerintah Serius Bangun Papua

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letnan Jendral Purnawiran Sutiyoso mengatakan, pemerintah pusat serius untuk membangun Papua dan Papua Barat.

Sutiyoso saat bertatap muka, bersama para nelayan, di Kampung Petrus Kavier, Kelurahan Amban, Kamis (17/12/2015), mengatakan, dana perimbangan yang dikucurkan pemerintah pusat kepada Papua dan Papua Barat, cukup besar, meski jumlah penduduk di daerah lain lebih besar dibanding Papua.

Pemerintah pun, kata dia, terus melaksanakan pembangunan infrastruktur di Papua dan Papua Barat. Manurutnya, hal itu merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat Papua.

Ia mengatakan, “membangun Papua membutuhkan waktu panjang serta dana yang cukup besar. Sehingga pembangunan itu harus dilakukan secara bertahap. Begitu pun pembangunan yang dilaksanakan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di daerah ini”.

Menyangkut tingkat kesejahteraan masyarakat, ai menilai di daerah luar Papua pun masih banyak masyarakat yang belum sejahtera.

“Soal masih adanya masyarakat yang belum sejahtera, tidak hanya terjadi di Papua dan Papua Barat, di daerah lain pun masih banyak, termasuk di Pulau Jawa,” kata dia lagi.

Menurutnya, butuh kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah, dalam membangun Papua termasuk kerja sama dengan masyarakat dan elemen lainya .
Ia pun berharap, para kepala daerah melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan daerah.

“Pembangunan perlu keamanan, Papua Barat jangan sampai diganggu keamanannya. Kalau daerah aman, pembangunan akan berjalan cepat,” kata dia lagi.| RASYID FATAHUDDIN | EDITOR : TOYIBAN