Abdullah Manaray

Abdullah Manaray: Perlu Regulasi Khusus untuk Berdayakan Pengusaha Asli Papua

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com-Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/kota di Papua Barat diminta untuk dapat mengeluarkan kebijakan dalam rangka mengakomodir keterlibatan para pengusaha asli Papua dalam pelaksanaan proyek yang bersumber dari dana APBD, APBN maupun dana Otonomi Khusus.

Pemerintah harus memiliki itikad yang baik agar para pengusaha asli Papua bisa berkembang dan dapat bersaing dengan pengusaha nasional di negeri ini.

“Yang terpenting adalah niat baik pemerintah untuk mengembangakan para pengusaha asli Papua. Tanpa prinsip itu semua aturan akan sia-sia,” kata anggota Komite 2 DPD RI Abdullah Manaray beberapa waktu lalu.

Adanya peraturan Presiden nomor 84 tahun 2013 menurut Abdullah sudah cukup mengakomodir kepentingan para pengusaha asli Papua. Ia berharap kebijakan ini terealisasi secara baik dan dapat dipertajam melalui peraturan daerah.

Selanjutnya kedepan pembangunan kapasitas para pengusaha asli Papua harus dapat ditingkatkan melalui pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan skill kewirausahaan. Hal ini akan menjadi modal bagi para pengusaha untuk mengembangkan diri.

Anggota DPD RI dari dapil Papua Barat ini berharap, kedepan para pengusaha asli Papua tidak hanya berkutat diwilayah Papua Barat saja. Ia ingin pengusaha Papua dapat bersaing dalam mengerjakan proyek-proyek nasional.

Pada pemerintahan baru RI dan pada tahun anggaran baru 2015 ini ia berharap, dapat membawa angin segar bagi para pengusaha asli Papua. Ia tak mau persoalan yang sebelumnya dialami para pengusaha ini kembali terulang ditahun anggaran baru nanti.|TOYIBAN