Adu Pinalti Kandaskan Harapan Persipura

PALEMBANG,CAHAYAPAPUA.com – Persib Bandung mengakhiri penantian panjang mereka untuk bisa kembali meraih gelar juara. Mereka memenangi final Indonesia Super League (ISL) 2014 dengan mengalahkan Persipura Jayapura lewat adu penalti.

Pada pertandingan di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Jumat (7/11/2014) malam WIB, kedua kesebelasan bermain 2-2 selama 120 menit. Di fase tos-tosan, Persib unggul 5-3.

Persipura bermain dengan 10 orang sejak awal babak kedua, menyusul kartu merah yang diterima Bio Paulin. Namun mereka berhasil memaksa Persib memainkan babak tambahan.

Di babak tambahan, giliran Persib yang kehilangan satu pemainnya. Vladimir Vujovic diusir dari lapangan karena menerima dua kartu kuning.

Bagi Persib, mimpi mereka untuk kembali mengangkat trofi Liga Indonesia akhirnya terwujud, setelah menanti selama 19 tahun. Kali terakhir mereka menjadi kampiun adalah di musim 1994/1995.

Sebaliknya, Persipura gagal membuat sejarah sebagai tim pertama yang mampu memenangi kompetisi dua musim berturut-turut.

Sebelumnya pertandingan antara Persipura Jayapura dan Persib Bandung masih sama kuat hingga babak tambahan selesai. Laga final Indonesia Super League (ISL) itu berakhir 2-2, hingga lanjut ke babak adu penalti.

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Jumat (7/11/2014) malam WIB, gol Persipura tercatat atas nama Ian Louis Kabes dan Boaz Salossa. Persib membalas via gol bunuh diri Imanuel Wanggai dan kaki Muhammad Ridwan.

Persib yang unggul jumlah pemain sejak menit-menit akhir babak pertama akibat kartu kuning kedua tak bisa memanfaatkannya untuk membobol gawang Dede Sulaiman.

Dede melakukan penyelamatan di menit awal babak tambahan. Dia memblok tembakan Konate Makan dari jarak dekat meneruskan umpan Ridwan.

Penampilan prima kembali ditunjukkan oleh Dede pada menit 93. Sepakan gunting Konate bisa dia tangkap dengan sempurna.

Tiga menit berselang, Konate masih gagal memanfaatkan peluang. Tendangan jarak jauhnya memanfaatkan sepakan bebas masih melayang.

Hingga wasit meniup peluit tanda babak I tambahan selesai tak ada gol tambahan skor 2-2 masih bertahan.

Lima menit babak kedua tambahan berjalan, Persib juga harus bermain dengan 10 pemain. Vladimir Vujovic mendapatkan kartu kuning kedua setelah menanduk bola yang sudah di tangkap oleh Dede.

Persib mendapatkan kans di menit 114. Supardi mengirim umpan silang dari sayap kiri, Ferdinand Sinaga melakukan sepakan salto tapi masih bisa ditangkap oleh Dede.

Persipura membalas di menit 115. Tapi, tendangan jarak jauh Nelson Alom masih melayang. Di sisa babak tambahan tak ada gol tercipta, laga berlanjut ke adu tendangan penalti.

Meski kalah di partai final, pendukung Persipura menyatakan, tim kesayangannya tetap layak disambut meriah di Jayapura.

Susunan Pemain:

Persipura: Dede, Bio Paulin, Fakdawer, Ruben, Pae, Jun Sik, Wanggai (Alom 95), Pangkali (Arey 62), Robertino, Kabes (Pahabol 69), Boaz

Persib: I Made, Supardi, Vujovic, Jufrianto, Toncip, Hariono, Firman, Konate, M. Ridwan, Tantan (Atep 66), Ferdinand.

 

SUMBER: DETIK

Tinggalkan Balasan