Ilustrasi, Pilgub Papua Barat.

Agustus Pendaftaran Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur Dibuka

MANOKWARI, Cahayapapua.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka tahapan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua Barat pada Agustus mendatang.

Ketua KPU Papua Barat, Amus Atkana mengatakan, tahapan pendaftaran ini menuntut kejelasan regulasi menyangkut pelaksanaan pilkada di Papua Barat dalam konteks Undang-undang Otonomi khusus (Otsus).

“Rancangan peraturan daerah khusus tata cara pelaksanaan pilkada yang sedang diupayakan oleh pemerintah dan DPR (Papua Barat). Harus cepat diselesaikan sebelum bulan Agustus,” kata Amus kepada wartawan, Senin (11/4/2016)

Dia menjelaskan, pada tahap pendaftaran itu KPU akan memeriksa seluruh syarat normatif yang wajibkan dipenuhi seluruh bakal calon. Terkait status keaslian orang asli Papua yang disyaratkan dalam UU Otsus bukan domain KPU.

“Undang-undang Otsus tidak menyebutkan soal kriteria orang (asli) Papua sehingga dibutuhkan raperdasus, yang menentukan keaslian orang asli Papua adalah MRP Papua Barat,” ujarnya.

Amus mengungkapkan, pelaksanaan pilkada di Papua dan Papua Barat berbeda dengan di Aceh. Pemilu di daerah diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilu.

“Kalau raperdasus tersebut tidak selesai pada bulan Agustus, kita tidak tahu mau ngomong apa? ya menyesal sama-sama dan gigit jari. KPU akan menggunakan aturan secara nasional,” ujar Amus.

Amus berharap, MRP Papua Barat dan DPR Papua Barat serta pemerintah segera menyelesaikan penyusunan raperdasus pilkada. Ia tak ingin hal ini menjadi memicu permasalahan pada pelaksanaan pilkada di Papua Barat 2017 mendatang.

“Agar hal ini tidak menjadi dilema bagi KPU, dan yang berwenang tentukan syarat orang asli Papua adalah MPR,” pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan