Ilustrasi Pelayanan Kesehatan

Akreditasi Puskesmas Mulai 2016, Puskesmas Sanggeng dan Pasir Putih Pertama

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com–  Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari mulai tahun 2016 akan melakukan proses akreditasi terhadap Puskesmas. Akreditasi diharapkan mendorong pihak Puskesmas memperbaiki kinerja sehingga standar pelayanan kesehatan di Manokwari ke depan bisa semakin meningkat.

“Kalau tidak diakreditasi tidak bisa bekerjasama dengan BPJS, “kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari drg.Hendri Sembiring saat memberi pembekalan kepada petugas medis di Puskesmas Sanggeng terkait pembuatan SOP dalam rangka akreditasi Puskesmas, Sabtu (14/11).

Ada dua Puskesmas yang akan pertama kali mengikuti akreditasi pada 2016 yakni Puskesmas Sanggeng dan Puskesmas Pasir Putih. Kedua Puskemas itu diproyeksikan sebagai pilot project untuk Puskesmas.

“ Tahun berikutnya kita ajukan 6 lagi, “ ucap Sembiring mengingatkan agar semua Puskemas menyusun Standard Operating Procedure (SOP) sebagai salah satu prasyarat untuk bisa ikut akreditasi.

Menurut Kabid P2M Dinas Kesehatan dr. Iwan Butar-butar, sesuai Permenkes nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, Dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi, elemen penilaian dalam proses akreditasi meliputi meliputi beberapa aspek.

Antara lain ketersediaan sumber daya manusia (SDM). Agar bisa lolos akreditasi, Puskesmas wajib memiliki dokter, bidan dan perawat. Juga harus ada ahli gizi, ahli laboratorium, ahli lingkungan serta ahli kefarmasian.

Selain  itu peralatan medis serta ruangan di Puskemas juga harus lengkap. Dari 16 Puskesmas di Kabupaten Manokwari saat ini, baru sebagian kecil saja yang sudah mendekati standar.

“Tapi perlu diketahui, bukan hanya itu saja yang perlu diperbaiki, tapi juga manajemennya. Kendala kita beberapa kepala Puskesmas kita itu dari displin ilmu yang kurang memadai untuk manajemennya, tapi nanti kita upayakan untuk dibenahi semua, “ ujar Iwan.

Meskipun masih banyak aspek yang kurang, menurut Iwan, akreditasi wajib  dilakukan karena muaranya adalah peningkatan kualitas layanan kesehatan.

“Dengan akreditasi ini dengan adanya SOP pelayanan di Puskesmas pasti berubah. Petugasnya itu wajib senyum, wajib ramah itu yang memang kita harapkan, “ katanya menambahkan.

Kepala Puskesmas Sanggeng dr. Ivonne Kalele mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menyusun 100 item SOP. Dia berharap semua petugas medis serta karyawan Puskesmas memiliki komitmen yang sama sehingga Puskesmas Sanggeng bisa lulus akreditasi. | ZACK TONU BALA