Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol

Alasan Banggar DPRPB Pilih Sulsel sebagai Daerah Tujuan Studi Banding

MANOKWARI, Cahayapapua.com —— Ketua DPR Papua Barat, Pieters Kondjol mengungkapkan, ada beberapa alasan yang mendasari Badan Anggaran (Banggar) DPRPB memilih Sulawesi Selatan sebagai daerah tujuan studi banding.

“Kita mau bandingkan bagaimana mekanisme dan kerjasama DPR dan pemeritah daerah di Sulawesi Selatan DPR dalam menjalankan fungsi dewan,” kata Kondjol, Kamis (28/4).

Kata Kondjol, dibawah kepemimpinan gubernur Syahril Yasin Limpo, Provinsi Sulawesi Selatan tumbuh menjadi sentral pertumbuhan di kawasan Timur Indonesia.

Banyak mendapatkan penghargaan di bidang ekonomi dan politik dan bidang lainnya. “Daerah ini selalu melahirkan kader politik dan negarawan yang mampu berkiprah di kancah nasional,” ujarnya.

Dia mengatakan, masyarakat Sulawesi Selatan banyak di Papua Barat sehingga, daerah Sulsel sangat relevan jika dijadikan sebagai tempat perbandingan dan menjadi rujukan.

“Sejumlah regulasi yang dapat diadopsi di DPR Papua Barat berkaitan dengan penggunaan keuangan dalam pelaksanaan agenda-agenda kedewanan. Kita akan dorong ini agar bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Dia mencontohkan, pengelolaan kegiatan kunjungan kerja di dalam daerah maupun luar daerah yang dilakukan secara bersama-sama antara DPR dengan pemerintah provinsi.

“Kunjungan kerja seperti ini tidak mesti dilakukan sendiri tetapi bisa dilakukan bersama-sama. Kita akan bahas pola ini bersama dengan pemerintah daerah supaya samakan persepsi,” tuturnya.

Dalam rangka merealisasikan kegiatan bersama tersebut, Kondjol menambahkan, akan melakukan sinkronisasi jadwal kegiatan antara DPR dengan pemerintah daerah.

“Kalau ini dilakukan, visi dan misi pemerintahan di daerah ini bisa berjalan baik. Studi banding DPR dalam rangka mendapatkan referensi juga semakin efektif,” pungknyas. (ALF)

Tinggalkan Balasan