GAMBAR: TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH

Alasan Tempat Pengolahan Sampah Kabupaten Sorong Dipindahkan

KABUPATEN SORONG, CAHAYAPAPUA.com—- Meski telah menelan anggaran pembangunan cukup besar, pemerintah berencana akan memindahkan lokasi pengolahan sampah yang terletak di kilometer 30 Kabupaten Sorong. Hal itu dikarenakan lokasi pengolahan sampah yang telah dibangun seperti bendungan itu dinilai terlalu dekat dengan jalan umum dan  pemukiman warga. 

Rencana pemindahan itu disampaikan Asisten II Setda Pemerintah Kabupaten Sorong Abdul Gani Malagapi saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Abdul Gani mengatakan rencana pemindahan lokasi pengolahan sampah itu pernah disinggung Bupati Sorong, Stepanus Malak saat memimpin rapat koordinasi di Aula Bappeda baru-baru ini.

“Sesuai arahan Bupati Sorong, Tempat Pengolahan Sampah yang dibangun di kilometer 30 itu akan dipindahkan ke lokasi lain yang jauh dari jalan dan pemukiman warga,” ujar Asisten II.

Pemindahan itu, lanjut Asisten II ini, agar ketika aktifitas pengolahan sampah beroperasi tidak menggangu masyarakat, mengigat sudah otomatis di sekitar lokasi akan tercemar dengan bau yang tidak sedap.  “ Bupati telah menginstruksikan dinas terkait untuk segerah memindahkan ketempat yang jauh dari jalan dan pemukiman warga.

Asisten II mengaku, anggaran pembangunan bak pengolahan sampah yang ada di kilometer 30 itu, bukan bersumber dari APBD pemerintah kabupaten Sorong, melainkan dari APBN melalui kementrian terkait,” tambahnya. (BIB)