Terdakwa kasus korupsi penyalahgunaan dana hibah KONI Papua Barat tahun 2012-2013, hendak bersalaman dengan jaksa penuntut umum usai mengikuti sidang putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Manokwari Rabu (19/10). Hakim menjatuhkan vonis 6 tahun penjara dan denda 200 juta kepada yang bersangkutan. (Foto Doc Cahayapapua 2016)

Albert Rombe akan dimasukkan dalam daftar pencarian orang

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kejaksaan Negeri Manokwari (Kejari) isyaratkan akan menjemput paksa, Albert Rombe terpidana kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat.

Hal ini diungkapakan Kepala Kejari Manokwari, Agus Joko Santoso, melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Muslim, kepada Cahaya Papua, Senin kemarin. Dia Mengatakan, Mahkamah Agung telah menerbitkan putusan kasasi yang berkekuatan hukum tetap, menolak permohonan terdakwa AR.

Untuk itu, lanjutnya, AR, akan dijemput paksa untuk menjalani masa hukuman yang diputuskan kepadanya, yakni 12 tahun penjara dan denda Rp 300 juta, dengan subsider 6 bulan kurungan, serta diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 25 Miliar.

“Yang bersangkutan tidak kooperatif, dan tidak ada kesadaran diri, dan kami sudah coba lakukan persuasif tapi tidak diindahkan juga. Secepatnya akan kita buatkan daftar DPO, dan jemput paksa,” cetus Muslim.

Muslim menyebutkan,  pihaknya telah beberapa kali mengeluarkan surat panggilan untuk AR, namun hingga saat ini, diindahkan.   “Batas waktunya sudah lewat, Jumat lalu. Sesuai atasan instruksi (Kepala Kejari), kita jemput paksa,” tegas dia lagi.

AR terbukti melakukan tindak pidana korupsi anggaran pembangunan kantor KONI Papua Barat, senilai Rp 26,7 Miliar dari total anggaran Rp 43 Miliar, saat menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Ketua Harian KONI Papua Barat tahun 2012-2013.

Selain itu, majelis hakim juga telah memutuskan, seluruh aset milik terdakwa yang disita sebelumnya oleh penyidik, yakni 6 unit ruko dan satu gudang, dirampas oleh negara untuk dilelang. (cr-80) 

Leave a Reply

%d bloggers like this: