Kawasan Hutan Lindung Gunung Meja, Manokwari, Papua Barat. Foto: Ist

Kerusakan Hutan Gunung Meja dan Wosi Tingkatkan Ancaman Bencana

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- Kerusakan hutan Gunung Meja dan hutan Wosi Rendani berpotensi meningkatkan resiko bencana di Manokwari.

“Data yang kami peroleh dari dinas kehutanan, dua hutan ini sudah mengalami perubahan fungsi. Dari sisi kebencanaan, kondisi ini berpotensi meningkatkan resiko,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manokwari Raymond Yap.

Menurut Raymond, jika curah hujan tinggi, banjir dan longsor bisa mengancam dua daerah tersebut.

Menyikapi persoalan ini, Raymond mengaku telah berkoordinasi dengan dinas kehutanan untuk terus melakukan sosialisasi terutama kepada masyarakat yang mendiami dua kawasan hutan tersebut. Sosialisasi dilakukan menyangkut fungsi hutan dan dampak negatif yang akan timbul jika kedua hutan tersebut terjadi kerusakan.

Ia mengaku belum mengetahui program yang telah dan akan dilakukan dinas kehutanan untuk menekan kerusakan hutan baik di gunung Meja maupun hutan Wosi Rendani. Menurutnya, langkah awal yang bisa dilakukan adalah melakukan pendekatan terhadap masyarakat pemilik hak ulayat yang mendiami kedua hutan tersebut.

Ia pun mengaku, BPBD Manokwari belum memiliki program secara terperinci terkait antisipasi kebencanaan terhadap hutan Gunung Meja maupun Wosi Rendani.

Ia berharap pendekatan terhadap warga yang selama ini dilakukan dapat menjadi modal awal bagi BPBD untuk menyiapkan program terpadu terhadap kedua hutan ini.

Manokwari merupakan daerah rawan bencana, selain alihfungsi sejumlah kawasan hutan, daerah ini juga dalam bayang ancaman gempa bumi dan tsunami.

|TOYIBAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan