Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Teluk Bintuni, Agus Wiratno.

Alokasi dana desa Bintuni melalui APBD menurun

BINTUNI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni memangkas jumlah anggaran alokasi dana desa (ADD) dalam APBD Kabupaten Teluk Bintuni pada tahun 2017 ini.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan  Pemerintahan Kampung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Teluk Bintuni, Agus Wiratno, pekan lalu mengatakan, jumlah ADD tahun ini mencapai  Rp. 71 miliar yang dibagi menjadi dua bagian yakni untuk kampung pemekaran sebesar Rp. 36 miliar lebih, dan kampung induk sebesar Rp. 34, 5 miliar.

“Ada penurunan dari tahun lalu, karena transfer pusat berkurang. Tahun lalu kampung pemekaran mendapat Rp. 300 juta sekarang mendapat Rp. 250 juta,” kata Agus di ruang kerjanya.

Dikatakan, untuk kampung induk jumlah ADD yang diterima bervariasi, karena ditentukan dengan klasifikasi seperti jumlah penduduk, luas wilayah, dan jangkauan. Sehingga yang diterima tidak sama berkisar Rp 200 – 900 juta perkampung.

Dia menjelaskan jumlah keseluruhan kampung yang menerima AD yaitu berkisar 260, dimana 145 kampung pemekaran dan 115 kampung induk.

Dari catatan Cahaya Papua, jumlah ADD Teluk Bintuni tahun 2016 mencapai Rp. 100 miliar, sementara tahun ini hanya berkisar di angka Rp. 71 miliar. Ada penurunan hingga mencapai Rp. 28 miliar lebih. (art)

Tinggalkan Balasan