Amos Watory

AMANAH Enggan Penuhi Permintaan KPU Soal Penambahan KTP

SORONG, Cahayapapua.com—- Bakal calon Walikota Sorong periode 2017-2022, Amos Watory menyatakan tidak akan memenuhi permintaan KPU untuk menambah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dikumpulkannya sebagai syarat pencalonan pada Pilkada Kota Sorong.

Hal ini disampaikan Watory menyusul sikap KPU yang hanya mengesahkan 6000 KTP dari 20 ribu lebih KTP yang diserahkan bersama pasangannya, Nurjanah, kepada KPU.

Watory menyatakan, tidak ada urgensi menyerahkan KTP tambahan sebab KPU Kota Sorong tidak melaksanakan tahapan verifikasi administrasi.

“KPU sendiri tidak melaksanakan tahapan seleksi administrasi, padahal tahapan seleksi administrasi adalah satu tahapan wajib yang diamanatkan dalam peraturan KPU,” ujar Watory yang maju melalui jalur perseorangan.

Menurut Amos, sebelum verifikasi faktual seharusnya KPU Kota Sorong terlebih dulu melakukan verifikasi administrasi. Itu sebabnya Ia optimis keputusan Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kota Sorong akan berpihak pada sikap pasangan AMANAH (Amos Watory-Nurjanah) dalam masalah ini.

Dikonfirmasi mengenai sikap pasangan AMANAH, Ketua KPU Kota Sorong, Aser Rumanase mengatakan pihaknya telah melakukan tahapan verifikasi administrasi.  “Semua tahap sudah dilakukan. Ini kota Sorong. Seluruh masyarakat ikuti (tahapan verifikasi),” katanya.

Aser pun menegaskan pihaknya siap memenuhi persidangan yang dilakukan oleh Panwas Kota Sorong, meski nantinya perkara tersebut dibawa hingga ke pengadilan tata usaha negara. (NSR/RD1)

Tinggalkan Balasan