Puluhan anggota Polres Teluk Bintuni menggelar latihan penanganan massa persiapan Pilgub 2017 di daerah tersebut.
Puluhan anggota Polres Teluk Bintuni menggelar latihan penanganan massa persiapan Pilgub 2017 di daerah tersebut.

Amankan Pilgub, Bintuni Terjunkan 200 Personil Polisi

BINTUNI, Cahayapapua.com— Polres Teluk Bintuni siap menerjunkan 200 lebih personilnya untuk mengawal dan mengamankan Pilgub Papua Barat di daerah tersebut.

Sebelum diterjunkan, para personil polisi diikutkan dalam pelatihan tahapan Pilkada dengan tujuan memudahkan proses pengamanan di lapangan.

“Pelatihan sudah berlangsung selama satu Minggu,” kata Kapolres Teluk Bintuni AKBP Dewa Made Sidan Sutrahna disela-sela dalam simulasi penanganan demonstrasi massa di Mapolres Bintuni Selasa (25/10).

Made Dewa menerangkan 200 personil polisi yang akan diterjunkan bakal bertugas mulai dari tahapan kampanye, pengamanan di TPS, perhitungan suara hingga selesainya Pilkada.

Pengamanan Pilkada juga akan menyasar daerah-daerah terkategori rawan yakni di distrik-distrik bagian pegunungan dan pesisir.

Daerah-daerah tersebut menurut Made Dewa merupakan basis massa pendukung kandidat calon gubernur dan wakil gubernur yang perlu mendapat perhatian pengamanan.

Saat ini menurutnya belum ada gejolak antar pendukung, namun untuk mengantisipasi hal tersebut patroli rutin tetap dilakukan termasuk menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh adat dan mayarakat.

“Namun sampai saat ini belum ada gejolak yang sangat signifikan terkait Pemilukada ini, karena semua suara dominan di Manokwari, di Sorong dan dibeberapa daerah lain,” katanya.

Terlepas dari itu ia menegaskan anggota Polri di daerah berjuluk kali kabur itu untuk netralitas dan berjanji akan menindak tegas anggotanya yang memihak pada calon tertentu. (ART)

 

Tinggalkan Balasan