Potret warga pesisir pantai di Kabupaten Teluk Wondama

Anak – Anak Kampung Isanibuay Wondama Diserang Muntaber

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com – Kepala Kampung Isanibuay, Distrik Rumberpon – Kabupaten Teluk Wondama, Amrosius Kaykatui mengungkapkan, warganya terutama anak – anak saat ini mengalami penyakit dengan gejala muntaber.

Akibat penyakit itu, satu orang anak sekitar tiga minggu lalu telah meninggal dunia. “Anak yang meninggal itu cucu saya. Sebagian warga lainnya, anaknya ada yang mengalami gejala sama seperti anak saya, dan butuh penanganan medis segera,” kata Amrosius saat ditemui Cahaya Papua, Selasa (29/9) di kantor BPMPK.

Ia berharap dinas terkait dapat segera bertindak, terutama mengirimkan tenaga medis yang handal untuk mencari tahu penyebab dan solusi penanganan penyakit tersebut. Pasalnya tenaga medis yang dulu ditempatkan di kampung tersebut, telah lama tidak berdinas.

“Sejak November 2014 lalu, tenaga medis yang bertugas di kampung kami (Pustu,red.) sudah pergi tinggalkan tugas. Saya harap Dinas Kesehatan bisa kirim tenaga medis lain yang betul – betul bekerja dengan memiliki rasa tanggung jawab,” ujarnya.

Untuk menuju Kampung Isanibuay, bisa dilalui menggunakan transportasi laut atau longboat dengan waktu tempuh sekitar enam jam perjalanan dari Kota Wasior. Bahan bakar yang diperlukan sekitar 70 hingga 80 liter satu kali perjalanan.

Sedangkan menjangkau Ibukota Distrik Rumberpon lebih singkat. Longboat dari Kampung Isanibuay ke Ibukota Distrik, pulang pergi hanya membutuhkan 10 liter BBM. Sebaliknya apabila ditempuh jalur darat, butuh waktu dua jam untuk sampai ke Ibukota Distrik.

“Kita tidak tau penyebab penyakit yang diderita anak – anak kami. Sekali lagi saya harap dinas kesehatan bisa utus tenaga medis untuk turun ke kampung kami secepatnya,” pungkas Amrosius. |ADLU RAHARUSUN