Siswa SD berbaris menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo di Manokwari, Papua Barat, Minggu, (10/5/2015). Mereka rela menunggu 6 jam hanya untuk melihat Jokowi. CAHAYAPAPUA.com/Zack Tonu Bala

Anak SD Rela Bertahan 6 Jam untuk Lihat Jokowi

Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Manokwari rupanya begitu dinantikan warga masyarakat di Manokwari. Ratusan bahkan ribuan warga rela menghabiskan waktu berjam-jam di pinggir jalan hanya untuk melihat wajah Presiden RI ke-7 itu. Tak ketinggalan murid Sekolah Dasar. Para bocah berusia belasan itu tak peduli meski harus berdiri selama 6 jam lamanya.

YANDI, pelajar SD Negeri 01 Manokwari berdiri tegap bersama sekitar 50 teman sekolahnya di pinggir Jalan Merdeka, tepatnya di depan kantor Telkom Manokwari, Minggu petang, (10/5/2015). Mata Yandi bersama rekan-rekannya terus memandang ke arah datangnya kendaraan sambil sesekali menggoyang-goyangkan bendera Merah Putih kecil dari kertas ditangan.

Siswa kelas 6 ini bersama ratusan warga lainnya begitu bersemangat menantikan kedatangan Presiden Jokowi bersama rombongan. Hingga jarum jam menunjukkan pukul 18.30, rombongan RI-1 belum juga terlihat. Padahal ia dan teman-temannya telah berdiri di lokasi sejak pukul 13.30.

“Capek juga. Tapi tidak apa-apa yang penting bisa lihat Bapak Jokowi, “ kata Yandi ketika didekati Cahaya Papua pada pukul 18.35 Wit.

Adnan, rekan Yandi juga tampak begitu antusias saat mendapat kabar bahwa rombongan Jokowi sudah dekat. Meski saat itu hari sudah gelap, dia juga teman-temannya yang lain memilih bertahan. “Saya mau lihat Presiden Jokowi, “ ucap Adnan dengan wajah polos.

Menurut Martatina Hoor, guru yang mendampingi mereka, para siswa sudah bersiap sejak pukul 10.00. Karena informasi dari panitia mendadak, para siswa hanya dihubungi melalui pesan singkat.

“Sejak pukul 13.30 anak-anak sudah berbaris di sini. Kami tadi beli makanan untuk makan anak-anak. Walaupun lama, mereka tetap bersemangat karena ingin bertemu langsung dengan Presiden Jokowi, “ kata Martatina yang bersama tiga guru lainnya mendampingi para siswa.

Menunggu sekitar 6 jam lamanya, Yandi dan Adnan tak meminta lebih dari Jokowi. Mereka hanya berharap bisa berjabat tangan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. “Tidak minta apa-apa mas, hanya mau salaman saja, “ kata Yandi.

Pukul 19.00, rombongan Presiden tiba. Begitu iring-iringan kendaraan Presiden tiba, pekikan ‘Jokowi, Jokowi’ langsung menggema. Jokowi pun membalas sambutan warga. Kepala negara turun dari mobil Indonesia Satu dan langsung menyapa dan menyalami ratusan warga yang sudah menunggu sejak petang.

Seperti dikomando ratusan warga dari berbagai penjuru langsung menyerbu Jokowi. Paspamres dan petugas keamanan sampai kewalahan menghadapi antuasiasme warga yang begitu tinggi. Mereka bahkan rela menunggu hingga acara peresmian jaringan kabel serat optik selesai.

Sekitar satu jam kemudian acara berakhir. Seperti saat datang, warga kembali meneriakan nama Jokowi dan meminta bersalaman. Sekitar 10 menit, Jokowi kembali menghampiri warga untuk bersalaman. Suami Iriana ini sampai harus berdiri di mobil dinasnya untuk melambaikan tangan kepada ratusan warga yang setia menunggunya sejak 6 jam sebelumnya.

Pesona Jokowi ternyata masih cukup kuat. Sejak dari Bandara Rendani, masyarakat berebutan untuk bersalaman. Saking banyaknya massa, waktu tempuh rombongan RI-1 dari Bandara hingga ke Kantor Telkom di Jalan Merdeka mencapai 1 jam lebih. | ZACK TONU BALA

 

Tinggalkan Balasan