Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni Yosep Roni Samuel

BINTUNI, Cahayapapua.com– Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Teluk Bintuni tahun 2017 mengalami penurunan yang sangat signifikan. Diperkirakan Dishub akan menerima anggaran sebesar Rp. 35 miliar lebih. Nominal ini turun hampir 50 persen dibandingkan tahun 2016 yang berkisar Rp. 60 miliar lebih.

Kepala Dishub Teluk Bintuni, Yosep Roni Samuel, beberapa waktu lalu, mengatakan menurunnya jumlah DPA tahun ini bukan tanpa sebab. Ia menjelaskan sebelumnya Dinas Perhubungan tergabung dengan Informatika dan Komunikasi. Namun setelah ada Peraturan Daerah (Perda) tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dinas ini pecah menjadi dua. Untuk Dishub sendiri tergolong pada dinas tipe C yang hanya memiliki dua Bidang.

“Sehingga anggaran yang dulunya sekitar Rp. 60 miliar lebih itu, sekarang dibagi dua, karena Infokom berdiri sendiri jadi SKPD baru,” katanya menjelaskan.

Dikatakan, dengan jumlah anggaran sebesar itu, pihaknya akan memprogramkan kegiatan fisik ditahun ini. Salah satunya yakni program pengerjaan pembangunan halte Angkutan Masyarakat Bintuni (AMB) di Distrik Tuhiba.

“Rencana kita taruh dipinggir jalan, di pertigaan jalan masuk ke Kampung Tuhiba. Ini baru rencana tapi anggarannya sudah ada dalam DPA,” ungkapnya.

Mantan Kepala Bappeda Bintuni ini juga mengatakan bahwa sampai saat ini di Distrik Tuhiba belum ada halte. Hal ini juga untuk meningkatkan pelayanan AMB kepada masyarakat yang ada di distrik-distrik sekitar Bintuni Kota.

“Permintaan masyarakat sih sampai ke dalam, tapi kita tetap melayani sampai kedalam hanya saja haltenya di luar,” katanya lagi.

Diakui, selama ini pihaknya sebenarnya ingin terus  mengembangkan pelayanan AMB, namun sayangnya terbentur dengan anggaran. Sehingga program peningkatan pelayanan AMB ditingkatkan secara bertahap. (ART)

 

Leave a Reply