nelayan

Anggaran Meningkat, DKP Diminta Perhatikan Nelayan Asli Papua

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Sekretaris Komisi B DPR Papua Barat, Pieter Konjol mengatakan, program di bidang perikanan yang bersentuhan langsung dengan orang asli Papua harus terus ditingkatkan.

“Tahun anggaran 2016, ada 18 program yang diarahkan bagi masyarakat nelayan di pesisir dan masyarakat asli Papua. Salah satunya, adalah pengadaan sarana dan prasarana perikanan,” kata Pieter, Rabu (16/12/2015).

Dia mengatakan, program ini harus menunjukan hasil yang bersentuhan langsung dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayanan terutama orang asli Papua.

“Terjadi peningkatan anggaran di Dinas Kelautan dan Perikanan antara 40-50 persen. Ini sesuai visi dan misi gubernur bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Proyek kegiatan pengadaan alat tangkap mendapat apresiasi dari DPRPB. Pasalnya, pelaksanaannya dinilia melibatkan pengusaha (kontraktor) orang asli Papua.

“Kami sangat mendukung kegiatan yang jumlahnya ratusan ini. Sehingga di tahun 2016 ini, sekiranya ada 100 an lebih kegiatan. Ini menjadi ruang bagi pengusaha asli Papua,” tutur kader partai Demokrat ini.

Pieter menambahkan, data ini diperoleh dari rapat dengar pendapat bersama DKP yang digelar kemarin. “DPR selalu berupaya mendorong regulasi yang merangasang investasi dibidang perikanan. Bidang lainnya juga kita dukung,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN | EDITOR : TOYIBAN