Kantor-Gubernur-Papua-Barat.

Anggaran Peresmian Kantor Gubernur Papua Barat Rp. 3,3 Miliar

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com — Panitia peresmian kantor Gubernur Papua Barat sudah mempersiapkan anggaran keperluan peresmian sebesar Rp. 5 miliar lebih. Namun setelah dilakukan rasionalisasi oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), kebutuhan anggaran secara rill hanya sekitar Rp. 3,3 miliar.

Kepala BKAD Papua Barat, Abia Ullu saat dikonfirmasi mengenai hal ini,mengatakan setelah ditentukan anggaran yang dibutuhkan untuk peresmian kantor gubernur sebesar Rp. 5 miliar, Sekda Nataniel D. Mandacan memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada BKAD. Namun dalam mengelola anggaran tersebut diharapkan bisa dilakukan penghematan.

“Kemudian kami melakukan rasionalisasi sehingga setelah dihitung secara rinci, kebutuhan untuk peresmian hanya mencapai RP. 3,3 miliar. Anggaran ini hanya untuk acara peresmian kantor gubernur saja,” kata Kepala BKAD di halaman kantor gubernur, Senin (21/9/2015).

Dijelaskan, pihaknya belum bisa memastikan anggaran Rp. 3,3 miliar ini apakah bisa mencukupi kebutuhan kegiatan tersebut atau tidak. Karena acara seperti ini biasanya akan ada kegiatan tambahan yang membutuhkan anggaran.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan dari pukul 15.00 WIT hingga sore, tetapi kita belum tahu apakah masyarakat malamnya ada kegiatan tambahan. Mungkin ada yang ingin melakukan tumbuk tanah, nah ini kita belum tahu. Ini hal-hal yang urgen,” tandas Ullu.

Ia menambahkan, dari total angggaran secara rill Rp. 3,3 miliar itu akan dibagikan kepada 11 seksi yang terlibat dalam kepanitian peresmian kantor gubernur. Sementara yang menelan anggaran paling besar di seksi konsumsi, karena jika dilihat dari total undangan resmi yang mencapai 5000-an.

“Ada banyak tamu undangan dari Jakarta, ada gubernur dari beberapa provinsi, kemudian tim 315, bupati se kabupaten/kota se- Papua Barat, ada tokoh agama, tokoh masyarakat, semua diundang. Tetapi itu belum termasuk masyarakat Manokwari,” pungkasnya.|DINA RIANTI