Bupati Manokwari Bastian Salabai. | Ist

Anggaran Terbatas, Bupati Salabai Minta SKPD Buat Skala Prioritas

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Bupati Manokwari Bastian Salabai menginstruksikan semua SKPD membuat skala prioritas atas program dan kegiatan yang telah diusulkan dalam RKA (rencana kerja dan anggaran) tahun anggaran 2015.

Dengan skala prioritas itu, diharapkan SKPD bisa memaksimalkan anggaran yang ada untuk merealisasikan program dan kegiatan yang memang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Sebaliknya, program maupun kegiatan yang bukan prioritas bisa saja diabaikan.

Langkah ini dilakukan untuk menyiasati keterbatasan anggaran dalam APBD 2015 yang pada akhirnya berdampak pada pagu anggaran yang diterima masing-masing SKPD.

“Semua SKPD harus maksimalkan anggaran yang ada. Caranya susun program prioritas sehingga tidak bingung mana yang didahulukan, mana yang tidak. Sehingga jangan sampai ada program dan kegiatan yang melewati pagu anggaran,“ tandas Bupati pada apel gabungan PNS, Senin (5/1) di halaman kantor bupati di Sowi Gunung.

“ Buat program dan kegiatan yang dibutuhkan masyarakat bukan karena kemauan kita, “ lanjut Manokwari-1.

SKPD juga diingatkan agar mengutamakan pembangunan di kampung-kampung sesuai komitmen Bupati membangun dari kampung ke kota. Di mana 60 persen anggaran pembangunan diarahkan ke kampung-kampung dan 40 persen di dalam kota.

Bupati menilai, dalam tahun 2014 hanya beberapa SKPD saja yang mengamankan instruksi dirinya mengarahkan program dan kegiatan lebih banyak ke kampung-kampung.

“Saya juga tegaskan kembali 80 persen harus kegiatan fisik dan 20 persen non fisik. Kita mau sesuatu yang nampak. 2014 hanya dua sampai tiga SKPD yang melakukan pembagunan dari kampung ke kota, yang lain tidak. Untuk itu saya harapakan di 2015 harus semua harus arahkan dari kampung ke kota. Saya akan cek nanti, “ tegas Salabai. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan