Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak dipandu Ketua Pengadilan Negeri Manokwari, Senin (29/ 12/2014). | CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Anggota Dilantik, Pegunungan Arfak Resmi Punya DPRD

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Setelah dua tahun menjadi daerah otonom baru semenjak 2012, Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) akhirnya resmi memiliki lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sendiri.

Senin, 29 Desember bertempat di Balai Serba Guna di Anggi, 20 orang anggota DPRD Kabupaten Pegaf mengucapkan sumpah dan janji sebagai wakil rakyat masa bhakti 2014/2019. Pengucapan sumpah janji sekaligus pelantikan anggota DPRD Kabupaten Pegaf dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Manokwari Maryono, SH dalam rapat paripurna istimewa DPRD.

Adapun ke-20 anggota DPRD perdana itu adalah, Yeti Susan Inyomusi (Nasdem), Sadrak Towansiba (Nasdem), Efert Indow (Nasdem), Septinus Iba (Gerindra), Daud Indouw (Gerindra), Moses Iryo (PKB), David Muid (PKS), Yustus Towansiba (PDIP), Orgenes Wonggor (Golkar), Markus Saroi (Golkar), Frans Saiba (Demokrat), Daniel Dowansiba (PAN) dan Sius Dowansiba (PAN).

Selanjutnya, Yoram Dowansiba (PPP), Herminus Dowansiba (Hanura), Enos Mandacan (PBB), April Indow (PKPI) dan Agus Indow (PKPI).

Partai Nasdem sebagai pemilik kursi terbanyak menempatkan Yeti Susan Inyomusi sebagai ketua sementara bersama dengan politisi PAN Sius Dowansiba selaku wakil ketua sementara.

Penjabat Bupati Pegaf Dominggus Mandacan mengaku bahagia karena Kabupaten Pegaf kini telah memiliki lembaga legislatif buah dari Pileg 2014 yang juga menjadi pesta demokrasi pertama kali semenjak Kabupaten Pegaf.

“Di pundak saudara-saudarilah kepentingan rakyat Kabupaten Pegaf dititipkan. Saya percaya kalian orang-orang terpilih. Artinya saudara-saudara bukan ada karena kebetulan, tapi sudah menjadi kehendak Tuhan dan dikehendaki masyarakat. Maka sangat wajar kalau masyarakat berharap banyak pada saudara semua, “ kata Dominggus dalam sambutannya.

Ia berharap, ke depan antara pemerintah dan DPRD terjalin kemitraan yang produktif untuk bersama-sama membangun dan memajukan kabupaten berjuluk Negeri di Awan itu.

“Saya berharap terjalin hubungan yang harmonis antara eksekutif dan legislatif sehingga program pembangunan bisa berjalan sukses demi memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, “ lanjut Dominggus.

Ketua sementara Yeti Susan Inyomusi mengakui, usia Kabupaten Pegaf yang masih sangat muda menjadi tantangan tersendiri bagi para anggota DPRD yang baru dilantik. Karena itu, semua anggota DPRD yang baru dilantik harus siap dan mau bekerja keras bersama-sama dengan Pemda demi suksesnya pembangunan.

Pelantikan DPRD Pegaf dihadiri oleh Penjabat Bupati Pegaf Dominggus Mandacan bersama sejumlah unsur Muspida seperti Kapolres Manokwari AKBP Jhoni Edizzon Isir, Dandim 1703 Manokwari Letkol Inf Stefanus Satrio Aribowo, Ketua KPU Manokwari Albert Burwos bersama anggota serta Plt Asisten I Setda Kabupaten Manokwari yang datang mewakili Bupati Bastian Salabai.

Pelantikan anggota dewan angkatan pertama ini disambut antusisas masyarakat khususnya di Anggi dan sekitarnya. Setidaknya ada ratusan warga yang datang menyaksikan langsung prosesi pelantikan para wakil rakyat mereka. Sebagai ungkapan sukacita warga setempat juga memainkan tarian khas Arfak Tumbu Tana sejak pagi hingga pelantikan usai. |ZACK TONU BALA

 

Tinggalkan Balasan