Kantor DPRD Manokwari. Foto: Ist

Anggota DPRD Desak Pemda Manokwari Maksimalkan Pemetaan Drainase

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Sistem drainase di kota Manokwari perlu dibenahi, agar dapat berfungsi dengan baik. Perlu dilakukan upaya pemetaan untuk menata sistem drainase di daerah ini.

Anggota DPRD Kabupaten Manokwari, Imam Muslih, Jumat (6/2/2015), menyoroti kondisi drainase di dalam kota yang tidak berfungsi dengan baik.

“Sudah diusulkan untuk dibuatkan pemetaan  drainase. Mana yang drainase kecil, sedang, dan besar serta titik pertemuannya dimana, sehingga bisa diketahui kategori drainase seperti apa yang cocok untuk kondisi daerah tertentu,” kata Imam Muslih.

Menurut Imam Muslih, mengetahui kategori yang tepat tentang kondisi drainase akan membuat perencanaan perbaikan maupun pembangunan drainase tepat.

“Titik mana menjadi pertemuan antara drainase besar, sedang, dan kecil. Ini akan jelas air mengalir lewat mana sebelum sampai ke laut. Dan pemetaan itu harus dilakukan utamanya di jalan lingkungan dan jalan utama,” ujarnya.

Selain melakukan pemetaan, menurutnya juga penting untuk melakukan normalisasi sungai-sungai kecil yang berada di lingkungan masyarakat termasuk melakukan penertiban terhadap pembangunan maupun galian-galian yang bisa menurunkan, bahkan merusak fungsi drainase.

“Dinas PU (Pekerjaan Umum) dan Satuan Polisi Pamong Praja harus tegas dalam menertiban bangunan ruko, dan galian. Pembangunan ruko jangan sampai merusak atau menutup drainase. Ini tanggungjawab pemerintah daerah,” pungkasnya. | CR-73

Tinggalkan Balasan