Kampung-Demaisi-Distrik-Minyambouw-Kabupaten-Pegunungan-Arfak.-Kampung

Anggota DPRD Dukung Pembentukan BPBD Pegunungan Arfak

PEGUNUNGAN ARFAK, CAHAYAPAPUA.com– – Bencana alam selalu datang tanpa kita duga, sehingga menuntut kesigapan instansi terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pegunungan Arfak.

“Pembentukan BPBD Kabupaten Pegaf sangat tepat. Topografi serta letak geografis daerah di ketinggian, dengan kontur tanah yang rawan longsor, membuat peran BPBD sangat vital dalam menghadapi setiap bencana yang datang sewaktu –waktu,” kata Anggota DPRD Pegaf Enos Mandacan kepada Koran ini, Selasa (8/9).

Menurutnya ada sejumlah titik jalan rawan longsor yang harus dipantau secara kontinu. Seperti jalan poros Manokwari – Anggi serta beberapa lokasi lainnya. “Contoh di Apuy dan Demaisi perlu ada alat berat yang standby (siaga) di situ 24 jam. Sebab biasanya sering terjadi longsor sehingga menghalangi kendaraan yang melintas,” saran Enos yang merupakan legislator dari PBB.

Sekaitan dengan fasilitas alat berat, legislator dari PKPI Agus Indouw mengharapkan, pihak BPBD Pegaf perlu segera berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk kemudian mengusulkan bantuan alat berat dimaksud.

“BPBD berhak mengusulkan fasilitas itu ke Pemerintah Pusat. Harapan kami (Dewan) pimpinan BPBD sudah dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan demi kebaikan daerah ini,” kata Indouw yang ditemui terpisah. |CJ – SUARDI SUKMA

Tinggalkan Balasan