Kantor DPR Papua Barat. SuluhPapua

Anggota Jalur Otsus Dilantik, Tatib DPR PB Akan Direvisi

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- DPR Papua Barat akan merevisi peraturan dan tata tertib internalnya menyusul adanya penambahan anggota DPRPB dari jalur pengangkatan periode 2014-2019.

Wakil Ketua 3 DPRD Provinsi Papua Barat, Ranley H.L. Mansawan mengatakan pembahasan revisi peraturan dan Tatib DPRPB rencananya akan dilaksanakan Jumat pekan ini.

Ranley mengatakan, dilakukanya revisi peraturan dan Tatib ini otomatis akan terjadi perubahan pula pada fraksi dan alat kelengkapan DPRPB yang sudah dibentuk sebelumnya.

“Dengan dilantiknya 11 Anggota DPR PB kursi Otsus, maka jumlah Anggota DPR PB otomatis bertambah menjadi 56 orang. Sehingga peraturan dan tatib DPR akan disusun kembali,” kata Ranley di Manokwari, Rabu (21/1/2015).

Semula di DPRPB hanya terdapat 4 fraksi. Penambahan 1 fraksi akan dilakukan setelah dilantiknya 11 anggota DPRPB dari jalur pengangkatan, Rabu (21/1/2015). Sebelas wakil rakyat itu akan membentuk fraksi sendiri.

Selain fraksi, jumlah komisi di DPRPB juga bertambah dari 4 menjadi 5 komisi. Setelah komisi dimekarkan, maka 11 anggota yang baru dilantik itu menyebar di tiap komisi.

Sementara pada posisi unsur pimpinan DPRPB, kata Ranley tidak akan terjadi perubahan. Unsur pimpinan DPRPB periode 2014-2019 akan tetap dipegang oleh partai Demokrat, Golkar, PDIP dan  Nasdem

Sebelum membahas Tatib DPR PB besok, hari ini rencananya akan digelar ramah tamah melibatkan seluruh wakil rakyat. Lalu, pada Senin pekan depan, waktu dilakokasikan untuk membahas perubahan Fraksi, disusul perubahan alat kelengkapan DPR PB. |RIZALDI

Tinggalkan Balasan