Ilustrasi. Foto: CAHAYAPAPUA.com | Duma Tato Sanda

Anggota Legislatif Pegaf dan Mansel Diisi Serentak

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari telah menerima peraturan teknis dari KPU RI terkait pengisian kursi DPRD Kabupaten Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan kursi tambahan bagi DPRD Manokwari.

Pengisian anggota legislator akan dilakukan secepatnya, sebab selambatnya 27 Desember 2014 pengambilan sumpah janji anggota DPRD Mansel dan Pegaf, harus dilakukan.

Komisioner KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe, Selasa (18/11/2014) mengatakan PKPU Nomor 33 tahun 2014 itu diterima KPU Manokwari Senin (17/11/2014). Setelah menerima PKPU, KPU Manokwari segera menggelar rapat internal untuk menyeragamkan pemahaman para komisioner atas PKPU serta mempersiapkan teknis pengisian kursi.

“Pengisian kursi DPRD di tiga Kabupaten ini kata Muin akan dilakukan secara serentak,” kata Muin.

Setelah rapat Internal yang rencananya dilakukan pada 25 November, KPU akan segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah terutama Pemkab Mansel dan Pegaf terkait kesiapan kedua kabupaten ini untuk melaksanakan prosesi pengambilan Sumpah janji Anggota DPRD.
Setelah semua siap KPU menggelar Rapat pleno terbuka dengan melibatkan pengurus Partai, Panwaslu, Pemrintah daerah serta instansi terkait lainya.

Kuota kursi DPRD di Kabupaten Mansel dan Pegaf serta kursi tambahan sudah ditetapkan oleh KPU RI dengan mengacu pada undang-undang 8/2012 tentang Pemilu. DPRD Mansel dan Pegaf masing-masing 20 kursi. Sementara kursi tambahan di DPRD Manokwari sebanyak 3 kursi.

Seiring pengisian kursi DPRD Mansel dan Pegaf ini akan ada sebanyak 8 orang anggota DPRD Manokwari yang ditarik masing-masing 4 orang ke Mansel dan 4 orang ke Pegaf. Sehingga di DPRD Manokwari terjadi Pengurangan dari jumlah semula sebanyak 30 orang menjadi 22 orang.

Mengacu UU no 8/2012, maka mau tidak mau harus dilakukan penambahan kursi bagi DPRD Manokwari, agar jumlah anggota DPRD Manokwari menjadi 25 orang.

Menurut Muin, Penetapan kuota kursi ini disesuaikan dengan jumlah penduduk. Mansel dan Pegaf masing-masing memperoleh jatah 20 kursi karena jumlah penduduknya kurang dari 100 ribu. Sementara Manokwari 25 kursi, karena jumlah penduduk di Manokwari ini berada antara 100-200 ribu jiwa.

Pengisian kursi DPRD Mansel dan Pegaf juga akan didasarkan pada hasil hitungan KPU atas perolehan suara sah di dua kabupaten ini. Itu dilakukan untuk mengetahui bilangan pembagi dalam pengisian kursi. Hal yang sama akan dilakukan dalam pengisian kursi tambahan di kabupaten Manokwari.|TOYIBAN

 

EDITOR: PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan