Penyerahan Nota Kesepakatan KUA-PPAS Perubahan APBD Tahun 2014 dari Ketua DPRD Manokwari Dedy Subrata May kepada Bupati Manokwari Bastian Salabai belum lama ini. Foto CAHAYAPAPUA.com| Zack Tonu Bala

APBD 2015, DPRD Minta Pemda Manokwari Utamakan Belanja Publik

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manokwari mengingatkan Pemda agar belanja daerah lebih diprioritaskan untuk kepentingan masyarakat.

Untuk itu, pada APBD 2015, Dewan berkeinginan alokasi belanja publik harus lebih besar daripada belanja langsung aparatur dan lainnya.

Harapan ini menjadi salah satu catatan kritis fraksi partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dalam pendapat akhir fraksi terhadap Raperda tentang Perubahan APBD tahun 2014 pada rapat paripurna pengesahan APBD-P 2014, beberapa waktu lalu di gedung dewan di Sowi Gunung.

Seperti telah diberitakan, dalam APBD-P 2014, belanja daerah meningkat dari semula 777,308 miliar lebih bertambah menjadi Rp 909, 446 miliar lebih atau naik 132 miliar lebih setelah perubahan.

Terdiri atas belanja tidak langsung dari semula 369,297 miliar lebih menjadi 426,250 miliar lebih atau naik 56 miliar lebih. Dan belanja langsung dari semula 408,010 miliar lebih menjadi 483,195 miliar lebih atau naik 75 miliar lebih setelah perubahan.

Berkaitan dengan itu, fraksi Amanat Kesejahteraan Bangsa juga mengingatkan Pemda agar mengalokasikan belanja daerah secara proporsional sehingga sedapat mungkin anggaran daerah lebih banyak untuk menanggulangi permasalahan pokok yang masih dihadapi sebagian besar masyarakat Manokwari.

Yakni masih tingginya angka kemiskinan, infrastruktur yang belum memadai serta untuk penanggulangan masalah sosial lain seperti sampah dan pengangguran. Hal senada juga menjadi catatan dari fraksi partai Demokrat. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan