Penyerahan Raperda APBDP Kabupaten Teluk Bintuni 2016 oleh Bupati Petrus Kasihiw ke Ketua DPRD Simon Dowansiba.

APBDP Bintuni 2016 Disumbang DBH dan DAK 190 Miliar

BINTUNI, Cahayapapua.com— Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Teluk Bintuni tahun 2016 bertambah sebesar Rp. 190 Miliar yang bersumber dari dana bagi hasil dan dana DAK pemerintah pusat.

Meski mendapat tambahan anggaran, namun Pemda Teluk Bintuni mengaku mengalami kekurangan anggaran sehingga memangkas sejumlah program termasuk belanja pegawai.

“Devisit anggaran perubahan mencapai Rp. 25 miliar tapi sudah kita antisipasi dengan pembiayaan yang ada. Devisit tersebut sudah kita perhitungkan dan dapat ditutupi pada akhir tahun anggaran,” ujar Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw saat menyampaikan laporan nota keuangan dalam rapat paripurna ABPDP Teluk Bintuni di kantor DPRD setempat, Senin (17/10).

Kasihiw mengatakan dengan anggaran yang ada pemda akan melaksanakan program-program yang menyentuh langsung ke kepentingan masyarakat seperti program padat karya di 24 Distrik dengan anggaran berkisar Rp. 1 miliar perdistrik. Program padat karya menurut Kasihiw untuk mengatasi kemiskinan.

Selain program tersebut ada juga program pembangunan jalan dan jembatan yang didanai DAK. Juga program pelayanan kesehatan, pendidikan. Ada juga pengembangan ekonomi seperti bantuan sosial yang bersumber dari DBH.

Kasihiw mengatakan sudah berusaha menanggapi keinginan warga pada sisa tahun anggaran ini dengan meningkatkan beban bansos untuk mengurangi tingginya antrian di kediaman bupati dan wakil bupati.

Pemda Bintuni mematok target pendapatan daerah pada APBDP sebesar Rp. 1,8 triliun lebih atau meningkat 11,63 persen dibanding APBD 2016. (ART)

Tinggalkan Balasan