Bupati Bastian Salabai berfoto bersama dengan para siswa SMK usai upacara peringatan HAORNAS ke-32 di lapangan Borarsi Manokwari kemarin.

Apel Pelajar dan Jalan Santai Ramaikan Peringatan Haornas di Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-32, 9 September 2015 di Kabupaten Manokwari ditandai dengan pelaksanaan apel di lapangan Borarsi, Rabu petang dengan melibatkan ratusan pelajar tingkat SD, SMP dan SMU/SMK di kota Manokwari.

Bupati Manokwari Bastian Salabai bertindak sebagai inspektur upacara. Selain para pelajar, ikut hadir para guru, unsur Muspida juga sejumlah elemen masyarakat lainnya serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkup Pemkab Manokwari.

Para peserta apel, termasuk Bupati sebelumnya mengikuti jalan santai bersama menuju lapangan Borasi dengan mengambil start dari lapangan penerangan di Jl. Percetakan Negara.

Adapun tema Haornas tahun ini yakni ‘Gelorakan Budaya Olahraga untuk Indonesia Hebat’. Sesuai tema tersebut, Menpora Imam Nahrowi dalam sambutan tertulis dibacakan Bupati menyerukan agar olahraga dijadikan bagian dari budaya hidup orang Indonesia dimulai dari dalam keluarga.

Menurut Menpora, olahraga yang selalu mengedepankan semangat sportivitas dan kejujuran bisa menjadi wahana yang tepat untuk melaksanakan revolusi mental sebagaimana yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Sehingga semua penduduk Indonesia memiliki sifat yang jujur, saling menghargai dan memiliki integritas yang tinggi, “ pesan Nahrowi sebagaimana dibacakan Salabai.

Sayangnya, peringatan Haornas tahun ini lagi-lagi sepi dan terkesan garing karena lebih hanya sekedar formalitas semata. Prinsipnya, yang penting ada perayaan. Sebagaimana tahun lalu, panitia hanya melaksanakan lomba gerak jalan untuk tingkat sekolah dan umum. |ZACK TONU BALA