Apel rutin tim Raptor Polda Papua di halaman Mapolda Papua Barat kemarin malam. Kapolda mengingatkan tim untuk bertugas sesuai protap.
Apel rutin tim Raptor Polda Papua di halaman Mapolda Papua Barat kemarin malam. Kapolda mengingatkan tim untuk bertugas sesuai protap.

Apel Rutin Tim Raptor, Kapolda Titip Sejumlah Pesan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Polda Papua Barat, Minggu (30/10) malam, mengumpulkan tim Raptor, atau disebut Rayon Patroli yang bertugas mendorong keamanan menjelang Pilgub Papua Barat 2017, dalam apel rutin. Apel tersebut digelar di halaman Mapolda Papua Barat sekitar pukul 20.00 WIT.

Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Royke Lumowa dalam apel tersebut mengatakan kepada anggota tim Raptor bahwa dalam bertugas selalu beresiko, namun ia tetap mengingatkan mereka untuk selalu menaati protap.

“Resiko bagi anggota itu selalu membayangi. Jadi kalian ini kaki kiri di penjara kaki kanan di dalam kubur, ” ujarnya sembari menyinggung bahwa tugas tim Raptor memang memiliki termasuk profesi lain seperti pilot, wartawan dan tenaga medis. Personil yang ikut dalam apel malam itu sekitar 99 dari 120 anggota.

Ia juga berpesan bahwa seorang polisi yang terjepit dalam kepungan massa hanya memiliki tiga pilihan. Pertama lari meninggalkan TKP dan kembali ke kantor, kedua gagal dan panik akhirnya menembak sembarang diluar prosedur.

“Ketiga tegak pada aturan, berkonsentrasi bertahan mempertahankan masyarakat dan mencegah pembakaran dan pengrusakan. Itulah yang harus dilakukan anggota polisi,” kata Royke berpesan.

Royke juga menyatakan bahwa terlepas dari jatuhnya korban dalam bertugas ia berterimakasih sebab tim Raptor dinilai telah mampu mengatasi situasi kamtibmas yang bergejolak atau dalam menghadapi massa yang anarkis.

Dalam apel tersebut hadir seluruh pejabat utama PJU Polda PB serta Kapolres Manokwari. Apel itu juga merupakan evaluasi atas pengawasan pasukan selama ini. (MAR)

Tinggalkan Balasan