Matotuo, Makhluk Mitologi Prasejarah di Kaimana (Fajar Pratama /detikNews)

Arkeolog Selidiki Temuan Gambar Mitologi Prasejarah di Kaimana

JAKARTA, CAHAYAPAPUA.com – Tanah Papua Barat menyimpan misteri yang belum terpecahkan. Salah satunya gambar di bebatuan di Tanjung Bicari. Aneka gambar berserakan di bebatuan, melihat dari dekat pun mesti memanjat dengan medan yang cukup sulit.

Gambar-gambar itu aneka bentuk, mulai dari tumbuhan, hewan, hingga berbagai peralatan keseharian. Gambarnya memang aneh-aneh, bahkan ada yang mirip dengan gambar alien. Tapi apa itu gambar alien?

Kepala Balai Arkeologi Jayapura Muhamad Irfan yang dikonfirmasi memberi penjelasan soal gambar-gambar yang memanjang hingga 1 Km di sepanjang bebatuan itu.

“Itu seni lukis prasejarah, gambar itu gambar mitologi suku-suku di Kaimana pada dinding di tebing kawasan karst,”jelas Irfan, Kamis (4/12/2014).

Lalu darimana suku-suku prasejarah di Kaimana itu mendapatkan penggambaran tentang wujud seperti itu? Apa mungkin suku-suku itu melihat makhluk luar angkasa kemudian melukisnya? Irfan menepis soal dugaan itu.

Menurut dia, gambar wujud seperti itu ada karena daya imajiner dari para suku terdahulu. “Gambar itu makhluk mitologi matutuo yang dianggap perwujudan leluhur. Itu penggambaran saja, semacam abstraksi atau mungkin bersifat imajiner,” urai Irfan.

Tim Balai Arkeologi Jayapura Papua tengah berupaya keras mengungkap misteri gambar-gambar di tebing bebatuan di sana. Kawasan Tebing Bicari di Papua Barat ini apalagi memiliki alam dan pemandangan yang indah. Banyak wisatawan yang datang. (Sumber: detikNews)

Tinggalkan Balasan