Persiapan digelarnya Pelatihan Senam Korpri SKPD se Provinsi Papua Barat 2016.
Persiapan digelarnya Pelatihan Senam Korpri SKPD se Provinsi Papua Barat 2016.

ASKPB Gelar Pelatihan Senam untuk Ratusan ASN

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Asosiasi Senam Kreasi Papua Barat (ASKPB),   Kamis (3/11/2016) menggelar pelatihan Senam Korpri bagi setiap SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkup Provinsi Papua Barat serta beberapa kabupaten/kota  di Papua Barat.

Pelatihan yang dipusatkan di gedung Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Manokwari ini bertujuan untuk menciptkan budaya  gemar berolahraga, khususnya Olahraga Senam. Kegiatan ini diikuti ratusan pegawai serta staf honorer di Pemerintah Provinsi Papua Barat serta kabupaten lainnya,  di antaranya Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak.

Ketua Panitia, Frans Kawer dalam laporannya mengatakan, tujuan utama dalam perhelatan pelatihan tersebut tak lain dan tak bukan untuk mengolahragakan masyarakat serta memasyarakatan olahraga di Provinsi Papua Barat, khususnya para Aparat Sipil Negara.

Tindaklanjut dari pelatihan tersebut, setiap SKPD dapat mengikuti perlombaan Senam Korpri yang akan dilaksanakan pada akhir November  nanti.

“Peserta yang kami targetkan adalah 200 peserta dari 13 kabupaten/kota se Provinsi Papua Barat, karena dalam perlombaan nanti akan memperebutkan piala Gubernur Papua Barat. Selain itu juga setiap peserta yang tampil baik, akan diseleksi untuk dipilih dan tampil membawa nama Papua Barat tahun 2017 mendatang diiven berskala Nasional,” jelasnya.

Kedepan lanjut Frans, pelatihan serupa akan terus dilaksanakan oleh ASKPB, sehingga bibit unggul pesenam di Papua Barat akan terus terjaga kualitasnya. Juga melalui pelatihan tersebut diharapkan olahraga senam akan mudah terkenal di Papua Barat.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Papua Barat Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Mathias Rumfabe dalam sambutannya mengatakan, melalui pelatihan Senam Korpri tersebut, secara tidak langsung setiap ASN yang mengikuti pelatihan tersebut telah meningkatkan kualitas sumber daya mansusianya.

Sehingga kedepan peran pemerintah baik ditingkat Provinsi Papua Barat, kabupaten/kota hingga tingkat pusat wajib memperhatikan bidang pemuda dan olahraga yang ada, mengingat dimasa reformasi diera modern ini semua hal yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan mudah.

“ASKPB ini merupakan salah satu wadah yang harus terus didukung karena telah membantu pemerintah dalam mengembangkan kreasinya di bumi Papua Barat,” ujarnya.

Ia juga berpesan agar kedepan setiap pemerintah di kabupaten/kota wajib menanggapi pelatihan-pelatihan seperti ini, mengingat hal tersebut berhubungan langsung dengan kualitas hidup manusia.

Terpisah, Ketua Umum ASKPB Orpa Kodey menjelaskan, beberapa gerakan senam Korpri yang ditunjukan merupakan salah satu bentuk senam yang diperagakan secara universal, dimana hampir sebagian besar gerakan yang diperagakan merupakan bagian dari tarian masing-masing daerah di Indonesia.

“Kalau kita lihat gerakan yang tadi dilakukan itu ada perwakilan dari masing-masing daerah seperti Papua, Jawa, Bali dan lain sebagainya, karena gerakannya sudah paten,”ujar Orpa.

Ia juga berharap, setiap peserta yang telah ambil bagian untuk secara serius untuk mengikuti materi yang diterimanya, karena setiap peserta ini diharapkan mampu mewakili SKPD-nya maupun daerahnya untuk tampil di perlombaan nanti.

Sekretaris Umum Bapor Korpri Papua Barat, Lucky juga menambahkan olahraga senam akan masuk dalam salah satu cabang yang akan diperlombakan pada Fornas Korpri tahun 2017. (ACS)

Tinggalkan Balasan