DR. Bradley Armstrong PSM

Australia Siap Support Pemda Mansel Majukan Pendidikan

MANSEL, Cahayapapua.com– Pemerintah Australia akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidik di daerah ini.

Kepala Bagian Politik dan Diplomasi Publik kedutaan besar Australia DR. Bradley Armstrong PSM saat berkunjung ke Kabupaten Mansel, Kamis (27/4/2017) mengatakan program peningkatan kapasitas tenaga guru ini akan di laksanakan oleh mitra kerja mereka di Manokwari.

“Saya sudah dengar dari pemerintah setempat tentang kendala yang dialami untuk memajukan pendidikan di daerah ini, kebetulan kami ada proyek di Manokwari yang dikelola oleh Unicef, hasil dari kunjungan ini akan saya sampaikan ke pengelola proyek tersebut agar bisa datang ke Manokwari Selatan,” terangnya.

Sebelumnya saat melakukan pertemuan, Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Agus Mandacan mengungkap, kendala yang dialami dalam memajukan pendidikan adalah terbatasnya jumlah tenaga pendidik serta minimnya kemampuan para pendidik yang ada.

Sebagian besar sekolah hanya diisi oleh satu hingga dua tenaga guru PNS, bahkan ada satu distrik yang belum memiliki guru PNS. Ia berharap mitra kerja dari Australia bisa memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan para tenaga guru.

“Bagaimana supaya mereka terpacu, bisa lebih betah di lapangan, terutama bagi tenaga yang penempatannya di wilayah pedalaman, karena tiga distrik di Manokwari Selatan ada di wilayah pedalaman,” terangnya.

Selain itu, karena situasi dan kondisi membuat dinas kesehatan harus merekrut tenaga guru yang tidak memiliki standar tenaga guru, beberapa tenga kontrak yang mereka berdayakan saat ini hanya berlatar belakang pendidikan tingkat sekolah menengah atas. Untuk itu peningkatan kapasitas dan kemampuan tenaga pendidik di wilayah ini masih sangat dibutuhkan.

“Memang sebelum merekut mereka kami sudah memberikan syaraat bahwa harus melanjutkan jenjang pendidikan mereka sesuai dengan standarisasi tenaga pengajar,” jelasnya. (ACM)

Tinggalkan Balasan