LNG Tangguh di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Awas, Rekrutmen Tenaga Kerja PT GPS untuk Tangguh LNG Train 3 Ilegal

SORONG, CAHAYAPAPUA.comRekrutmen ribuan tenaga kerja melalui sejumlah iklan lowongan kerja oleh PT Global Papua Service (GPS) untuk mengerjakan kontruksi train tiga LNG Tangguh di Teluk Bintuni, Papua Barat adalah ilegal.

Koordinator Papua Workforce/Tenaga Kerja Papua pada Chiyoda Taipen Tripatra Suluh Ardi (CSTS) Max Samaduda, menegaskan, penerimaan tenaga kerja untuk train tiga British Petrolium (BP) Berau Ltd yang sebenarnya akan dilakukan oleh CSTS.

CSTS adalah gabungan perusahaan PT Tripatra Engineers and Constructors, PT Tripatra Engineering, PT Chiyoda International Indonesia, PT Saipem Indonesia, PT Suluh Ardhi Engineering dan Chiyoda Corporation Consorcium.

Max menerangkan, PT Global Papua Service memang merupakan salah satu Man Power Suplay (MPS) atau kontraktor penyedia jasa tenaga kerja, namun perusahaan tersebut tidak pernah ditunjuk untuk melakukan rekrutmen tenaga kerja untuk train tiga LNG Tangguh di Bintuni.

“Kami tidak pernah menunjuk sub kontraktor dalam hal ini PT Papua Global Service untuk melakukan perekrutan karyawan untuk British Petrolium yang beroperasi di Papua Barat,“ ujar Max menegaskan dalam jumpa pers di Kota Sorong, Rabu (14/9).

Ia menyatakan untuk memastikan masyarakat tidak tertipu oleh lowongan pekerjaan yang ditawarkan PT Global Papua Service, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Sorong.

“Kami meminta Disnaker Kota Sorong untuk mengingatkan masyarakat Kota Sorong dan Kabupaten Sorong agar tidak tergiur dengan iklan atau info lowongan kerja PT Global Papua Service, karena perekrutan yang dilakukan perusahaan itu illegal,” kata dia.

Max mengatakan rekrutmen tenaga kerja untuk pembangunan kontruksi train tiga di LNG Tangguh Bintuni akan dilakukan lembaga penyedia tenaga kerja yang terdaftar CSTS.

Lembaga penyedia tenaga kerja yang dimaksud akan bekerjasama dengan distrik maupun kepala kampung di sejumlah wilayah untuk melakukan rekrutmen.

Secara terpisah, Senior Communication Officer BP Indonesia Tantri Yuliandini yang dihubungi Cahaya Papua kemarin malam, membenarkan PT Global Papua Service tidak pernah ditunjuk oleh BP atau pihak ketiga yang bekerjasama dengan BP untuk melakukan rekrutmen tenaga kerja.

“Benar kami tidak pernah menunjuk,” kata Tantri ketika diminta untuk memberi klarifikasi mengenai PT Global Papua Service. Menurut Tantri perusahaan yang ditunjuk secara resmi untuk melakukan rekrutmen adalah CSTS.

Tantri menegaskan, pihak BP memang pernah meminta CSTS untuk memberikan klarifikasi kepada publik soal iklan lowongan kerja yang ditawarkan PT Global Papua Service. Permintaan itu dilayangkan setelah BP mengetahui PT Global Papua Service mengeluarkan iklan lowongan kerja satu pekan terakhir.

Ia juga menegaskan bahwa penerimaan tenaga kerja memang akan dilakukan di Papua Barat lebih khusus di Teluk Bintuni yang mengutamakan orang asli Papua.

Cahaya Papua mencatat PT Global Papua Service memang pernah menyebarkan lowongan kerja untuk kontruksi train tiga LNG Tangguh di Bintuni, salah satunya melalui media sosial.

Lowongan kerja tersebut disebar melalui potongan surat yang difoto netizen. Lowongan itu menyatakan dibutuhkan 2000 tenaga kerja untuk mengisi berbagai posisi dalam pembangunan pabrik LNG Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni. (NSR/*)

2 comments

  1. INFORMASI DARI IPMA-PAPUA YOGYAKARTA
    Di sampaikan Hal : Peneriman Kartu Anggota IPMA-PAPUA D.I.Y
    Kepada
    Yth. Para Ketua- Ketua Paguyuban Asala Papua dan Papua Barat
    Di –
    Tempat
    Dengan hormat
    Berhubungan hal di atas, Maka kami atas nama bandan Pengurus Harian Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua Daerah Istimewa Yogyakarta, Dapat menginformasikan kepada Seluruh Ketau Panguyuban untuk mewakili Menerima Kartu Tanda Anggota IPMA-PAPUA Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk membagikan kepada seluruh Anggota-anggota-nya Masing-Masing.Oleh dengan hal ini yang kami Badan Pengurus Dapat sampaikan kepada Para Ketua-Ketua Panguyuban Masing –masing untuk hadil pada:
    Hari tanggal : Rabu 28 Septemebr 2016
    Tempat : Asrama Kamasan Satu Yogyakarta
    Jam Pukul : 10. ( Pagi) WIB
    Demikian Informasi ini kami,atas kehadiran dan kerja sama yang baik, di ucapkan terima kasih.
    Hormat kami
    Sekjen IPMA-PAPUA

    Tdt
    Ruben.C Frasa

  2. Kenapa jika itu ilegal, itu penipuan, tidak ada tindakan tegas dr BP sndri. Knp tidak ada pelaporan ke pihak berwajib . kemudia juga kenapa tidak dimuat di media masa dlam hal ini Koran .
    Sy tiap hr membaca koran dan hny untuk mencari berita tentang PT. PGS ini . tp tidak sy temukan dlm berita di koran.
    Jika memang benar, harapan sy dr pihak2 yg menganggkt isu dan berita ilegal PT.PGS agr dpt memberi kjelasan bkn hny dgn kata2 tp dengan tindakan . agr semua benar2 jelas .
    Jngn hny brbicara di medsos atau Tv kabel , krn Tidak seauai prosedur .

    Jika anda sekalian peduli kpada msyarakat yg ana agp telah dibohongi, tolong selamatkan mereka bkn dgn ucapan dan isu2 sj, tolonglah merwka dgm tindakan .

    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan