Kantor DPR Papua Barat yang terlihat dipenuhi spanduk aspirasi terkait kemelut pimpinan DPR Papua Barat.

Badan Kehormatan DPRPB Diminta Bersikap Tegas

MANOWKARI, CAHAYAPAPUA.com– Badan Kehormatan DPR Papua Barat (DPRB) diminta mengambil langkah tegas terhadap seluruh anggota dewan yang lalai dari tugas dan tanggungjawabnya.

“BK (Badan Kehormatan) adalah alat kelengkapan dewan. BK sudah punya power untuk memberikan teguran kepada pimpinan maupun sejumlah anggota dewan yang tidak berkantor,” kata anggota fraksi Hanura, John Dimara, Minggu (24/1/2016).

Menurut John Dimara, BK sudah harus bersikap tegas. Karena alasan tata tertib (tatib) yang belum selesai sehingga, pemberian sanksi tidak bisa dilakukan. Adalah hal yang kurang tepat.

“Kalau menunggu tatib (tata tertib) untuk 56 anggota baru bisa bekerja. Saya mau katakan bahwa, komisi dan alat kelengkapan lainnya, juga jangan bekerja. BK kan juga alat kelengkapan yang disahkan,” ujar John.

John menambahkan, langkah tegas yang diambil harus disampaikan kepada pimpinan partai politik asal pimpinan dewan maupun anggota dewan yang berkinerja rendah.

“Hemat saya, kalau kondisinya seperti ini maka akan mempengaruhi agenda kedewanan. Pengalaman ini bisa dilihat dari satu tahun lalu. Tidak ada alasan bagi untuk menunggu,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN|EDITOR : BUSTAM