ilustrasi CPNS K2, lensaindonesia.com

Badan Kepegawaian Daerah Manokwari Fokus Urus CPNS K2

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com — Setidaknya dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini, Pemkab Manokwari tidak melakukan penerimaan CPNS.

Kebijakan moratorium oleh pemerintah pusat diklaim menjadi dasar mengapa Pemda belum juga membuka rekruitmen CPNS. Padahal sejumlah instansi vertikal seperti misalnya Badan Narkotika Nasional (BNN), BNPB dan Ombudsman sudah membuka penerimaan CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Anton Renyaan mengatakan pihaknya sejauh ini belum mendapatkan informasi resmi apakah pada tahun 2016 Pemkab Manokwari sudah bisa membuka penerimaan CPNS.

BKD sementara ini masih berkonsentrasi menuntaskan nasib para honorer kategori dua (K-2) baik yang sudah dinyatakan lolos seleksi menjadi CPNS maupun yang gagal.

“Sampai saat ini masih dalam proses penyelesaian berkas-berkas yang akan kita serahkan ke pusat. Ini yang menjadi fokus kami karena untuk K-2 ini yang tidak lulus sekitar 160 orang. Mereka ini mau di bawa kemana ? Karena kalau dibilang mereka semua ini telah mengabdi, mereka hanya kalah pada saat tes saja. Ini yang jadi perhatian kami, “ kata Anton.

Sekedar diketahui, honorer K-2 yang tidak lolos seleksi sudah berulang kali mendesak Pemda agar memperjuangkan nasib mereka ke pemerintah pusat. Mereka berharap bisa diterima menjadi CPNS bersamaan dengan 525 honorer yang telah lolos seleksi tahun lalu.|ZACK TONU BALA