Ilustrasi pembangunan jalan. I Kompas

Bangun Ruas Jalan Moskona Perlu Perencanaan Matang

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Pemerintah Provinsi Papua Barat diingatkan melakukan kajian dan mematangkan rencana pembangunan ruas jalan di Distrik Moskona Utara dan Moskona Timur, Kabupaten Teluk Bintuni.

Sebab, perencanaan yang komprehensif sangat diperlukan. Koordinasi antara pemerintah kabupaten bintuni dengan provinsi serta pemerintah pusat melalui balai pembangunan jalan dan jembatan harus segera dilakukan.

“Berapa volume jalan yang akan ditanggung lewat APBD Kabupaten, berapa volume yang akan dikerjakan provinsi, serta berapa jumlah APBN yang dialokasikan untuk mendukung pembangunan tersebut,” kata Anggota Komisi C DPR Papua Barat Saharuddin, Jumat(14/2/2015).

Perencanaan yang matang, lanjut Sahar, menjadi dasar efektifitas dam efisiensi pelaksanaan pembangunan jalan tersebut. Hal ini untuk mencegah pemborosan anggaran. Yang masih menjadi hambatan, saat ini peta jalan ditingkat kabupaten/kota, Surat Keputusan Bupati hingga masalah hak ulayat.

Sahar menyebut, Dinas Pekerjaan Umum mengusulkan anggaran Rp 7,5 miliar melalui APBD 2015. “Kami akan tanyakan apakah anggaran tersebut akan dikapai untuk memulai proses pembangunan atau masih tahap perencanaan saja. Pembangunan ruas jalan ini perlu koordinasi antara pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,” ujarnya. |CR-73

Tinggalkan Balasan