Yosep Insyur (Foto: Soetanto/ Cahaya Papua)

Bantuan Operasional Hanya Bagi Ormas yang Terdaftar

MANSEL, CAHAYAPAPUA.comPemerintah Kabupaten Manokwari Selatan telah mengalokasikan anggaran pembinaan organisasi kemasyarakatan (Ormas). Secara spesifik, anggaran tersebut disediakan untuk membantu biaya operasional Ormas.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Mansel, Yosep Insyur mengatakan, untuk menyalurkan anggaran tersebut, pihaknya membutuhkan kejelasan organisasi penerima. Hal yang mendasar, kata Insyur adalah sekretariat, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta susunan lengkap pengurus.

“Itu merupakan syarat yang harus dipenuhi setiap organisasi penerima bantuan,” katanya saat menghadiri Rapat paripurna Pengesahan APBD Manokwari Selatan di balai Kampung Sidomulyo, Distrik Oransbari, Selasa (9/2). “Agar lebih tertib!”

Soal mekanisme penyaluran, Insyur menjelaskan bahwa dana bantuan akan dialokasikan tahun depan bagi Ormas yang terdaftar tahun ini. Sementara yang sudah terdaftar akan menerima bantuan tahun ini. Organisasi penerima adalah organisasi yang tidak berkaitan dengan dunia usaha.

“Kedepan kami harapkan agar organisasi yang menerima bantuan benar-benar menunjukkan kontribusinya bagi pembangunan terutama dalam urusan keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa Ormas yang tidak memiliki secretariat tidak diperbolehkan melakukan kegiatan. Sementara yang tidak terdaftar tidak akan diijinkan mendirikan sekretariat.|SOETANTO