Kepala Dinas Sosial Papua Barat Lasarus Indou. |CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Bantuan Sosial Papua Barat 2015 Sasar Sejumlah Sektor

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Dinas Sosial Provinsi Papua Barat tahun ini akan menjalankan 10 program dan 52 kegiatan untuk bantuan sosial bagi masyarakat di Papua Barat.

Kegiatan itu meliputi program pemberdayaan sosial dan penanggulangan kemiskinan, bantuan bencana alam dan rehabilitasi sosial serta program kesejahteraan sosial. Ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Papua Barat Lasarus Indou di Manokwari, Selasa (20/1/2015).

Selain dari dana APBD Papua Barat, dinas tersebut juga mendapatkan bantuan anggaran dari APBN melalui dana Dekon dan Tugas Pembantuan, meliputi program keluarga harapan, program baru dari presiden terpilih Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Pemerintah pusat ditahun ini juga memberikan bantuan anggaran untuk rumah sosial. Bantuan itu akan diberikan ke Kabupaten Kaimana, Mansel dan Kabupaten Pegaf.

Menyoal KIP, KIS dan KKS Lasarus melanjutkan, dipastikan tahun ini akan terealisasi untuk Papua Barat, karena dinas tersebut sudah diminta data oleh pusat untuk selanjutnya dijadikan data penerima bantuan.

“Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat tahun ini mulai dilaksanakan. Sebelumnya kami sudah melakukan pendataan by name by adress dan sekarang data sudah ada, kita tinggal sampaikan ke pusat sebagai daftar penerima bantuan,” ungkap Lasarus.

Saftar penerima bantuan adalah mereka yang sebelumnya mendapatkan bantuan dari PSKS dan penerima program keluarga harapan pada masa Presiden SBY. Meskipun demikian, penerima KIP, KIS dan KKS nanitnya akan menerima penyaluran melalui bank atau kantor pos seperti yang ditunjuk pemerintah pusat sebagai perpanjangan tangan penyalur.“Tentunya kita harapkan masyarakt Papua Barat bisa mengalami perubahan seperti msyarakat lain di wilayah Barat Indonesia,” terang Lasarus. |DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan