Ilustrasi Pelayanan Kesehatan

Banyak Dokter Mau Jadi PNS, Pemkab Manokwari Harusnya Ambil Kesempatan Ini

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Mayoritas dokter yang bertugas di Kabupaten Manokwari terutama di Puskesmas berstatus pegawai tidak tetap (PTT). Mereka hanya bertugas dalam kurun waktu tertentu, paling lama 2 tahun kemudian pindah lagi ke daerah lain.

Dinas Kesehatan pun harus berputar otak untuk bisa mendatangkan dokter baru guna menggantikan dokter PTT yang masa tugasnya telah berakhir. Kondisi yang sudah  berlangsung lama ini sedikit banyak telah menghambat upaya perbaikan kualitas layanan kesehatan yang dibuat Dinas Kesehatan.

Sebagai contoh, rencana Dinas Kesehatan melakukan akreditasi Puskemas sebagaimana amanat Permenkes nomor 46/2015 mulai tahun depan. Upaya ini terancam tidak bisa maksimal lantaran dokter di Puksemas lebih banyak PTT.

“Misalnya saat kita mau lakukan akreditasi (Puskesmas) dia pindah, terus bagaimana. Solusinya  Pemda harus lihat dokter yang mau jadi PNS supaya kita bisa menuju standarisasi dengan baik.  Dalam BPJS juga disarankan harus ada dokter (tetap), “ kata Kabid P2M Dinas Kesehatan dr. Iwan Butar-Butar ditemui di Puskesmas Sanggeng, Sabtu (15/11).

Menurut Iwan, sebenarnya banyak dokter non PNS yang bertugas di Kabupaten Manokwari punya keinginan menjadi PNS. Pemda harusnya bisa menangkap kesempatan ini sebelum mereka memutuskan untuk pindah ke daerah lain.

“Tapi sampai saat ini belum ada solusi dari Pemda, belum ada penerimaan (CPNS)  kan. Banyak yang saya tanya itu, mereka yang ada di sini mengatakan, kami siap (jadi PNS), “ ujarnya.

Disamping kuota CPNS untuk tenaga dokter, menurut Iwan, hal lain yang juga harus jadi perhatian Pemda jika ingin banyak dokter menetap di Manokwari yakni terkait kesejahteraan.

“Kesejahteraan yang memadai. Itu harus diperhatikan. Contoh di Pemkab Sorong Selatan mereka sejahtera sehingga pelayanan kesehatan di sana berjalan dengan baik, “ pungkas Iwan.

Sekedar diketahui, Kepala Dinas Kesehatan drg. Hendri Sembiring juga sudah pernah mengusulkan agar kuota dokter pada saat penerimaan CPNS ditambah. |ZACK TONU BALA