Kepala BLH Manokwari, Alberth Bandi

Banyak Kantor Pemerintah dan Swasta di Manokwari Tak Kantongi Izin Lingkungan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-— Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Manokwari mencatat, hampir sebagian besar instansi pemerintah dan swasta di Manokwari belum mengurus izin rekomendasi lingkungan sebagai salah satu syarat pendirian bangunan.

Padahal menurut Undang-Undang 32 tahun 2009, setiap instansi baik yang dimiliki pemerintah maupun swasta wajib melakukan pengurusan izin lingkungan hidup mengenai keberadaan bangunan mereka.

Rekomendasi izin lingkungan merupakan salah satu cara pemerintah untuk menekan potensi kerusakan lingkungan hidup terutama yang berdampak langsung kepada masyarakat sekitar.

Kepala BLH Manokwari, Alberth Bandi mengatakan, mengacu pada UU 31/2009 tersebut, Pemda Manokwari pernah menggeluarkan surat keputusan bupati tentang jenis kegiatan yang wajib mengantongi rekomendasi izin lingkungan.

“(tapi) sejauh ini beberapa kegiatan yang masuk dalam kategori yang harus mengantongi izin lingkungan di Kota Manokwari, tidak pernah memperoleh rekomendasi izin lingkungan dari BLH,” ungkap Bandi.

Bandi menegaskan bahwa bisa saja bangunan milik pemerintah ataupun swasta yang tak mengantongi izin lingkungan dapat diaudit baik oleh kementrian lingkungan hidup serta Polri.

Ujungnya bila ketahun, “Instansi atau badan swasta yang tak mengantongi izin lingkungan bisa dikenakan sanksi atau denda sesuai dengan aturan yang berlaku.”

Pemda Manokwari mencatat hampir sebagian besar kantor pemerintah baik yang ada di lingkup Pemerintahan Kabupaten Manokwari maupun Pemerintahan Provinsi Papua Barat, belum mengantongi rekomendasi izin lingkungan.

“Untuk itu kami berharap kantor-kantor pemerintah, BUMN/BUMD dan pihak swasta dapat berkoordinasi dengan BLH, karena hal ini sudah kami sosialisasikan ditahun-tahun sebelumnya,” tutup Bandi. (ACS)

One comment

  1. Mau tanya apa persyaratan yg harus dilengkapi jika kantor swasta mau urus SPPL / surat pernyataan pengelolaan lingkungan.

Tinggalkan Balasan