Banyak Pemilih Belum Punya E-KTP, Staf Disdukcapil akan Kerja Lembur

WASIOR, Cahayapapua.com— Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Teluk Wondama akan berupaya  semaksimal mungkin agar warga yang telah masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilgub 2017 seluruhnya bisa ikut memilih.

Dari keseluruhan DPS sebanyak 24.783 pemilih yang telah diumumkan KPUD Teluk Wondama, lebih dari setengahnya yakni sebanyak 10.256 orang belum memiliki KTP elektronik (E-KTP). Jumlah yang cukup banyak itu terancam kehilangan hak pilih, apabila sampai batas akhir penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) belum juga memiliki E-KTP.

Kepala Disdukcapil Edison Kabiay di ruang kerjanya, Senin (31/10/2016) mengatakan, salah satu cara yang ditempuh untuk menyelamatkan hak pilih masyarakat adalah dengan menerbitkan surat keterangan pengganti E-KTP.

Surat keterangan itu diberikan kepada warga yang sudah melakukan perekaman data, namun E-KTP-nya belum tercetak. Juga kepada warga wajib KTP yang belum sempat mengurus E-KTP.

Disdukcapil harus bergerak cepat, karena waktu yang tersisa hanya kurang dari 24 hari sebelum penetapan DPT. “Dalam waktu dekat tim kami akan bergerak ke kampung-kampung untuk memberikan surat keterangan. Kita harus bergerak cepat, jangan gara- gara tidak punya E-KTP, banyak warga yang dicoret dalam daftar pemilih,”ujar Edison.

Tidak hanya itu, Edison menyatakan staf Disdukcapil akan bekerja lembur untuk menyelesaikan pencetakkan E-KTP untuk warga yang telah melakukan perekaman data. Penambahan jam kerja harus dilakukan lantaran waktu yang tersisa sudah sangat mepet.

“Kita akan lembur. Ini harus kita lakukan karena tenaga yang ada sangat terbatas,”pungkas mantan Kepala Bagian Perekda di Setda sembari memastikan pengurusan E-KTP tidak dipungut bayaran alias gratis. (BRV)

Tinggalkan Balasan