Foto Bersama Para Kepala Kampung, Kepala Distrik Roon Yefta Siregar (Depan ketiga dari Kiri dengan Pejabat yang Menghadiri Musrenbang Distrik Roon, baru-baru Ini di Kampung Menarbu

Banyak Potensi Wisata, SMK Pariwisata Diusulkan Dibuka di Distrik Roon

WASIOR, Cahayapapua.com— Masyarakat distrik Roon mengusulkan agar dibuka SMK Pariwisata di distrik Roon  guna menyiapkan sumber daya manusia di bidang pariwisata.

Distrik Roon yang beribukota di Kampung Yende memiliki sejumlah potensi wisata antara lain wisata religi berupa Alkitab tua yang telah berusia ratusan tahun, gereja tua peninggalan zendeling juga keindahan pantai dan pesona bawah lautnya.

Dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah, Distrik Roon khususnya kampung Yende telah ditetapkan sebagai KSP (Kawasan Strategis Pengembangan) Pariwisata Kabupaten Teluk Wondama selain kota Wasior dan Yembekiri di distrik Rumberpon.

Pendirian SMK Pariwisata merupakan salah satu dari sedikitnya 85 program dan kegiatan yang disepakati dalam Musrenbang distrik Roon yang digelar di kampung Menarbu, baru-baru ini.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten  Bidang Tata Pemerintahan Jack Ayamiseba mewakili Bupati Bernadus Imburi. Sejumlah pejabat ikut hadir antara lain Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Hendrik Rico Tetelepta, Kabag Pemerintahan Yulius Korowa serta Kepala Distrik Roon Yefta Siregar.

Warga Roon yang terdiri atas 6 kampung juga mengusulkan penambahan jumlah guru dan tenaga medis. Penambahan guru dan petugas medis dipandang sangat mendesak karena selama ini layanan pendidikan dan kesehatan belum berjalan optimal karena keterbatasan petugas.

Hal lain yang dipandang prioritas untuk mendapat perhatian Pemkab Teluk Wondama adalah penyediaan bantuan perahu dan mesin tempel, pembangunan air bersih, bantuan bibit ternak ayam dan sapi juga pendirian PAUD.

Dalam kesempatan itu, Jack Ayamiseba selaku putra asli Roon mewacanakan perlunya jalan lingkar pulau Roon untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di pulau yang menyimpan banyak situs bersejarah tentang Pekabaran Injil di tanah Papua. (BRV)

Leave a Reply

%d bloggers like this: